seputarpapua.com

Peparnas XVI, Papua Bakal Kedatangan 2.725 Atlet dan Official

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Ketua Harian PB Peparnas, Doren Wakerkwa (Foto: Vidi/SP)
Doren Wakerkwa (Foto: Vidi/SP)

JAYAPURA | Provinsi Papua bakal kedatangan 2.725 atlet dan official dari 34 kontingen se-Indonesia pada perhelatan event disabilitas Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021.

Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa mengatakan event olahraga disabilitas itu akan mempertandingkan 12 cabang olahraga, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo tuna netra, menembak, panahan, renang, sepakbola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.

“Jika direkapitulasi dengan jumlah SDM panitia pelaksanaan dan LO, maka ditotal dapat mencapai 5.494 orang yang akan datang ke Papua,” ujar Doren kepada wartawan di Jayapura, Kamis (29/4/2021).

Perpanas akan berlangsung di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Menurut Doren, Kota Jayapura akan dipertandingkan cabang olahraga tenis meja, bulu tangkis, catur, judo tuna netra, sepakbola CP dan tenis lapangan kursi roda.

Sedangkan Kabupaten Jayapura akan mempertandingkan cabang olahraga atletik, menembak, panahan, renang, boccia dan angkat besi.

Oleh sebab itu, Doren mengharapkan peran dan partisipasi media agar tidak hanya mensosialisasikan penyelenggaraan PON XX saja, namun melainkan Peparnas XVI di Papua. Mengingat Peparnas merupakan event yang tidak terpisahkan dengan PON XX.

Sementara itu, ditempat berbeda, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Provinsi Papua, H. Jaya Kusuma mengungkapkan, bahwa NPC Papua akan mengikuti semua nomor dari 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Ada sebanyak 250 atlet terbaiknya bakal mengisi semua nomor yang dipertandingkan. Apalagi dalam event Peparnas kali ini akan mengusung target tinggi, bahkan tidak menutup kemungkinan menargetkan juara umum pada Peparnas karena sebagai tuan rumah.

“Atlet yang kita persiapkan itu sekitar 250 atlet, Papua akan mengikuti semua nomor dari 12 cabang olahraga. Kita minta doa dari masyarakat Papua untuk mendukung atlet-atlet disabilitas ini, meski ada keterbatasan mereka juga mampu berprestasi. Karena di Peparnas Jawa Barat lalu saja, atlet-atlet kita bisa mencapai 5 besar se-Indonesia,” pungkasnya.

Reporter: Vidi
Editor: Aditra
Berita Terkait
Baca Juga