Peparpeprov Papua Hasilkan Atlet Muda Potensial untuk Papua

Pemberian hadiah kepada atlet yang bertanding di ajang Peka Paralimpik Pelajar Provinsi Papua. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Pemberian hadiah kepada atlet yang bertanding di ajang Peka Paralimpik Pelajar Provinsi Papua. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Pekan Paralimpik Pelajar Provinsi (Peparpeprov) Papua telah usai digelar pada 22 – 25 Juni 2022 berlokasi di Kawasan olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura mempertandingkan cabang olahraga para-renang dan para-atletik melahirkan berbagai potensi atlet disabilitas diberbagai daerah untuk menjadi asset ditanah Papua.

Ketua Umum Nasional Paralimpik Committee Indonesia (NPCI) Provinsi Papua, H. Jaya Kusuma mengapresiasi adanya ajang Peparpeprov Papua sebagai wadah pengembangan dan pembinaan atlet-atlet disabilitas Papua.

“Ini menurut saya adalah cikal bakal kebangkitan atlet-atlet disabilitas di Papua. Karena baru pertama kali dilaksanakan event seperti ini, sebelum-sebelumnya itu belum ada. Nah, ini, saya selaku Ketua NPCI Papua menyampaikan terima kasih atas kerjasama karena di sini kah tempat untuk kita membina atlet-atlet,” ujar H. Jaya Kusuma, Senin (27/6/2022).

Peparpeprov Papua menurutnya, sudah melahirkan banyak atlet potensial, walaupun masih atlet pemula yang akan dipersiapkan pada Peparpenas 2023 mendatang.

“Kita mau melihat atlet-atlet baru bermunculan di pelajar ini. Menurut saya itu sangat banyak, oleh karena itu mereka yang sekarang ini sudah melaksanakan pertandingan ini, nanti akan kita ambil yang juara-juara untuk kita TC-kan kembali, persiapan untuk Peparpenas yang akan dilaksanakan 2023 di Palembang,” tuturnya.

Kendati, hanya 2 cabor. Ia tetap konsen terhadap Cabor lainnya untuk mendapatkan atlet potensial.

“Tapi ini baru dua cabang olahraga, ya, yang diikuti oleh atlet-atlet kita ini. Hanya para-atletik dan para-renang. Sementara yang dipertandingkan di Peparpenas itu ada enam cabang olahraga. Jadi masih ada empat cabang olahraga yang belum terlaksana di sini,” ujarnya.

“Tapi kami dari NPCI Papua tetap akan menyiapkan atlet untuk cabang olahraga yang tidak masuk pada pertandingan Peparpeprov saat ini, yaitu para-tenis meja, para-bulu tangkis, boccia, dan para-catur.
Nah, ini atlet-atlet kita banyak, ya, tinggal satu tahun ke depan kita bisa bina, kita siapkan, latih mereka untuk kita menuju ke Palembang 2023. Nah, atlet-atlet ini, tidak menutup kemungkinan kita kirim ke Peparnas XVII 2024,” tandasnya.

 

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.