Perangi Miras dan Narkoba, TP-PKK Mappi dan Bhayangkari Gelar Sosialisasi Kadarkum

Foto bersama Penjabat Ketua TP-PKK Mappi, Ny. Stefanie Gomar
Foto bersama Penjabat Ketua TP-PKK Mappi, Ny. Stefanie Gomar

MAPPI | Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mappi bersama Bhayangkari Polres Mappi menggelar sosialisasi Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) guna pencegahan peredaran dan penyalahgunaan minuman keras dan narkoba, di Distrik Nambioman Bapai, Sabtu (17/09/2022).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Gereja Katolik St. Kristoforus Mur, diikuti masyarakat dari 4 kampung, yakni Kampung Mur, Kampung Katan, Kampung Yatan dan Kampung Linggua, dengan pemateri Kapolsek Mur.

Kegiatan mengusung Tema “Lingkungan Bebas dari Miras dan Narkoba Keluarga Sehat dan Kuat”, dihadiri Penjabat Ketua TP-PKK Kabupaten Mappi Ny. Stefanie Gomar dan Ketua Bhayangkari Cabang Polres Mappi, Ny. Nawang Damianus.

Penjabat Ketua PKK Kabupaten Mappi, Ny. Stefanie Gomar, mengatakan sosialisasi Kadarkum didasari rasa cemas melihat kondisi tingginya peredaran minuman keras atau minuman keras lokal (milo) di Kabupaten Mappi.

Sehingga sosialisasi ini perlu dilakukan,  selain menjalankan program pokok  Penghayatan dan Pengalaman Pancasila.

“Melihat kondisi tingginya peredaran minuman keras atau milo di Kabupaten Mappi, maka hal ini akan berdampak buruk bagi masyarakat khususnya generasi penerus bangsa,” kata Stefanie dalam sambutannya mengawali kegiatan sosialisasi.

Stefanie tidak manampik, bukti nyata disekeliling banyak kepala keluarga atau suami yang mengkonsumsi miras. Secara otomatis, kebiasaan buruk ini akan dilihat oleh anak-anak, bahkan bisa mencontoh orang tuanya.

“Ini sebenarnya contoh buruk didalam keluarga. Kita tahu bahwa keluarga adalah mitra terkecil dimana anak -anak tumbuh berkembang dan belajar. Jika mereka mencontoh kebiasaan itu, tanpa di sadari miras akan menimbulkan dampak besar pada pola perilaku dan kesehatan,” ujar Stefanie.

Stefanie berharap dengan adanya sosialisasi ini bisa membawa dampak positif, dapat memberikan pemahaman tentang bahaya pengaruh minuman keras dan narkoba bagi orang tua, sehingga upaya pencegahan sejak dini bisa dilakukan dimulai dari lingkungan keluarga.

Sementara itu, Ketua Bhayangkari Cabang Mappi, Ny. Nawang Damianus, menyebutkan bahwa dalam menyikapi peredaran miras dan narkoba yang sangat berbahaya bagi generasi penerus, sehingga Bhayangkari Cabang Mappi dan TP – PKK Kabupaten Mappi melaksanakan kegiatan tersebut.

“Saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada TP-PKK Kabupaten Mappi yang telah mengajak kami berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan ini. Dan ini kali pertama saya melaksanakan kegiatan bersama TP-PKK kabupaten Mappi selama saya menjabat Ketua Bhayangkari Cabang Mappi,” kata Nawang.

Nawang menyebutkan, beberapa waktu lalu dirinya bersama Penjabat Ketua PKK menghadiri konferensi pers kasus narkoba dan pemusnahan barang bukti miras di Mapolres Mappi. 502 botol miras dimusnahkan, dan yang terbanyak minuman keras lokal (milo).

Menurut Nawang, milo justeru dibuat di Kabupaten Mappi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dan tentu ini menjadi ancaman yang sangat besar.

Meski Kepolisian juga terus gencar melakukan razia miras, namun menurut Nawang, soasialisasi ini sangat penting demi generasi penerus kedepan. Sehingga, peran ibu-ibu sangat penting untuk ikut memerangi peredaran miras dan narkoba.

“Untuk ibu-ibu seperti kita, maka kita laksanakan dengan porsinya kita dengan cara preventif atau langka pencegahan, sesuai dengan peran kita sebagai ibu rumah tangga sebagai pendidik. Sehingga pencegahan dini dapat dilakukan oleh ibu-ibu atau mama-mama seperti kita kepada anak-anak kita,” ujar Nawang.

“Kita sebagai orang tua didalam rumah perlu mengajarkan kepada anak-anak kita tentang pendidikan agama yang baik. Serta usahakan anak-anak kita bisa menghindari perilaku yang tidak baik seperti miras, narkoba dan hirup lem aibon. Tidak hanya itu dan informasinya juga ada yang menghirup bensin hal ini tentu sangat berbahaya,” tambah Nawang.

Kepala Distrik Nambioman Bapai, Muslimin mengapresiasi langkah TP-PKK Mappi bersama Bhayangkari Polres Mappi memerangi miras dan narkoba dengan memberikan sosialisasi, meski dengan kondisi jalan dan jarak yang cukup jauh sudah rela datang melaksanakan kegiatan tersebut.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini bisa memberikan pencerahan, serta menyadarkan masyarakat akan bahaya dari miras dan markoba terlebih khusus bagi generasi penerus,” pungkas Muslimin.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.