Perbankan di Timika Belum Punya Stok Uang Emisi Baru 2022

Kepala Bank Mandiri Cabang Timika, Andhika Andar Pribadi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Bank Mandiri Cabang Timika, Andhika Andar Pribadi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Perbankan di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah sampai kini belum memiliki stok uang emisi baru yang diluncurkan usai peringatan  HUT Kemerdekaan 17 Agustus 2022 lalu.

Kepala Bank Mandiri Cabang Timika, Andhika Andar Pribadi menjelaskan, secara resmi pihaknya belum menerima pemberitahuan langsung dari internal Bank Mandiri maupun Bank Indonesia.

“Kita dapat sosialisasi justru dari media, bahwa setelah 17 Agustus kemarin ada uang emisi baru tahun 2022,” kata Andhika saat diwawancara Seputarpapua.com , Rabu (28/9/2022).

Lebih lanjut, Andhika mengatakan sampai saat ini juga belum ada informasi dari Bank Indonesia kapan Mimika akan mendapatkan kiriman uang emisi baru tahun 2022.

Saat ini yang tersedia di kas Bank Mandiri ialah uang hasil cetak sempurna atau uang baru, tetapi emisi lama. Kata dia, masyarakat bisa datang ke kantor untuk menukar.

“Tapi untuk emisi baru 2022 belum ada informasi kapan kita akan dikirim sama BI,” ungkapnya.

Andhika lebih lanjut mengaku juga penasaran dengan bentuk uang emisi baru tahun 2022. Ia pernah melihat yang diberikan nasabah.

“Kita lihat beberapa nasabah bawa tapi jumlahnya tidak begitu banyak, tapi yang jelas bukan dari Bank Mandiri Timika sebagai kantor kas titipan,” katanya.

Selain itu, para perbankan baik swasta maupun BUMN di Timika juga sudah mempertanyakan kapan akan menerima uang emisi baru.

“Jadi nyaris di seluruh perbankan di Timika memang belum dapat uang emisi baru ini. Kita sendiri belum tahu kapan datangnya,” tutur Andhika.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.