Perda di Mimika Bisa Jadi Pilot Project untuk Papua

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob (Foto: Sevianto/SP)
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengungkapkan bahwa Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat oleh Pemkab Mimika bisa dijadikan pilot project untuk penyusunan Perda di Papua.

“Dari provinsi sudah menyatakan bahwa Perda kita akan menjadi pilot project untuk seluruh Perda-Perda retribusi yang ada,” katanya di Hotel Horison Ultima Timika, Jumat (20)3).

Dijelaskan, Perda-Perda retribusi yang telah ditetapkan oleh DPRD Mimika pada 2019 lalu telah dievaluasi oleh Provinsi Papua melalui Biro Hukum. Berdasarkan aturan, setelah evaluasi ditingkat provinsi, selanjutnya akan dibahas kembali di pemerintah pusat.

John, panggilan Johannes Rettob, yang menghadiri evaluasi perda di Jayapura beberapa waktu lalu ini mengaku, bahwa sudah tidak ada masalah dalam Perda yang disusun oleh Pemkab Mimika dan bisa menjadi pilot project untuk kabupaten lain di Papua.

“Dari sisi hukum itu apakah perda kita ini menyalahi aturan atau tidak terutama bagi perda yang diatas. Dan memang secara umum perda kita baik mulai dari narasi hukum, bahasa hukum itu semua tidak masalah,” jelasnya.

Meski begitu, John mengungkapkan ada satu perda yang sudah ditetapkan tetapi memang harus ada beberapa item yang perlu dimasukkan dalam perda itu dan nanti akan dibahas kembali di Timika.

Sementara berkaitan dengan Perda retribusi, bahwa besaran uang memang perlu dievaluasi. Itu hanya perlu dievaluasi di internal Pemkab Mimika.

“Evaluasi ulang terkait ada beberapa nomenklatur yang menurut saya harus bahas ulang di tingkat kabupaten, hanya soal objeknya dan uangnya. Yang ditetapkan oleh DPRD adalah payung hukumnya, sesudah ditetapkan kedepan apabila ada perubahan biaya dan lain-lain cukup saja dengan Peraturan Bupati,” Jelas John.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar