Perdana, Kelurahan di Mimika Juga Mengadakan Musrenbang

Suasana di Kelurahan Inauga, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Suasana di Kelurahan Inauga, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Yohana Paliling, mengatakan bahwa 2023 menjadi tahun pertama diadakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat kelurahan.

Menurut Yohana, di Mimika selama ini musrenbang hanya dilakukan sampai tingkat kampung. Namun untuk tahun ini 19 kelurahan yang ada di Mimika juga akan mengadakan musrenbang.

“Semua kelurahan di Mimika tahun ini adakan musrenbang. Kalau dulu kan musrenbang hanya kampung yang disiapkan anggaran, sekarang kelurahan juga harus. Jadi sekarang berjalan bersama-sama,” kata Yohana ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (6/2/2023).

Ia menjelaskan, dana pelaksanaan musrenbang tingkat kampung berasal dari Alokasi Dana Desa (ADD). Sementara untuk musrenbang tingkat kelurahan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) melalui Pemerintah Distrik.

“Jadi nilai (dana musrenbang) per kelurahan tergantung kebutuhan mereka, berapa. Kan beda yang di kota dengan yang jauh,” jelasnya.

Saat ini kelurahan melalui distrik sudah bisa mengajukan surat perintah membayar (SPM), karena Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup) berbasis web sudah terisi.

“Kan semua by sistem. Kalau belum diinput di Sirup, yah tidak bisa jalan,” ujarnya.

Target pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan adalah di bulan Februari 2023, lalu dilanjutkan dengan musrenbang tingkat distrik pada awal Maret.

“Setelah itu lanjut ke forum OPD. Setelah itu musrenbang kabupaten, termasuk ada jadwal untuk DPRD harus reses lalu ajukan pokir (pokok pikiran),” kata Yohana.

Dijelaskan, untuk musrenbang tingkat kampung dan kelurahan, tim dari Bappeda tidak turun mendampingi. Pendampingan dilakukan pada musrenbang tingkat distrik.

 

penulis : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan