Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, P3E Papua Dorong Pemanfaatan Sampah

Kepala Bagian Tata Usaha (TU) P3E Papua, Arijan Parsodjo, ditemui dalam konferensi pers Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 di Mimika, Rabu (5/6/2024). Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua mendorong daerah dan masyarakatnya untuk memanfaatkan sampah.

Kepala Bagian Tata Usaha (TU) P3E, Arijan Parsodjo mengatakan, dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun 2024 dan sesuai tema yang diangkat Pemerintah Indonesia yakni, Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan, pihaknya terus mendorong dan fasilitasi pemerintah daerah dengan pembangunan bank sampah induk maupun unit.

“Selain itu kami juga memberikan anugerah Adipura Kencana bagi daerah yang berinovasi dalam melakukan pengelolaan sampah, sehingga termotivasi” ungkap Arijan Parsodjo dalam sesi konferensi pers Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 di Mimika, Papua Tengah, Rabu (5/6/2024).

Ia menjelaskan anugerah Adipura Kencana bisa diberikan kepada daerah yang bisa melakukan inovasi dalam pemanfaatan sampah.

“Misalnya bentuk tempat pembuangan akhir (TPA) atau proses akhir sampah bisa menghasilkan gas metan, kemudian bisa digunakan oleh warga disekitar situ untuk masak dan sekitarnya,” ujarnya.

Menurut Arijan, selain sebagai alternatif sumber energi pengganti bahan bakar minyak (BBM), pemanfaatan sampah bisa digunakan sebagai penghasil listrik meskipun berskala kecil.

“Untuk dimana saja daerah (yang sudah dibantu melakukan pemanfaatan sampah,red), itu memang baru di Jayapura contohnya,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan