Peringatan HKN di Mappi, Gomar Ajak Nakes Jadi Motor Penggerak Hidup Bersih dan Sehat

Foto bersama usai peringatan HKN ke 58 di Mappi. (Foto: Ist)
Foto bersama usai peringatan HKN ke 58 di Mappi. (Foto: Ist)

MAPPI | Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar bertindak sebagai pembina upacara pada apel Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 Tahun 2022 di Kabupaten Mappi, Papua Selatan.

HKN diperingati di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Mappi, Selasa (15/11/2022).

Dalam amanatnya, Gomar sapaan karib Pj Bupati Mappi menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan tenaga kesehatan di Kabupaten Mappi dalam perjuangannya melawan Pandemi Covid -19 selama kurang lebih 2 tahun terakhir.

Begitu banyak energi yang terserap, waktu materi bahkan air mata, namun semua itu tetap dilaksanakan dan dijalankan dengan hati yang damai oleh tenaga kesehatan.

Saat ini masalah itu belum tuntas terselesaikan, namun dilain sisi masalah kesehatan bukan hanya tentang Covid -19, tetapi masih banyak yang lain dan  kesemuanya itu menuntut para petugas medis agar dapat diselesaikan.

“Saya percaya bahwa seluruh insan petugas kesehatan di Kabupaten Mappi adalah tenaga -tenaga yang memiliki kompetensi dibidangnya dan tenaga yang dapat diandalkan untuk menyelesaikan permasalahan dibidang kesehatan. Apalagi saat ini melalui Kementerian Kesehatan RI telah memberikan tambahan tenaga kesehatan melalui program Nusantara Sehat,” kata Gomar.
Menurut Gomar, peringatan HKN tahun ini juga ada pemberian reward dari Dinkes Mappi kepada tenaga kesehatan dan kampung yang telah memberikan sumbangsinya dibidang kesehatan.

Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada tenaga kesehatan dan kepala Kampung yang sudah berjuang untuk mewujudkan Mappi Bangkit, Mappi Bisa.

“Sehubungan dengan kunjungan kerja (Kunker) ke semua di Distrik yang telah saya bersama rombongan laksanakan pada bulan lalu, saya secara pribadi dan atasnama Pemda Mappi memberikan apresiasi kepada seluruh Nakes yang bertugas di distrik – distrik yang tetap setia dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya,” ujar Gomar.

Lanjutnya, hal itu membuktikan bahwa tenaga kesehatan adalah  orang – orang yang berjiwa patriot dan tetap mengutamakan pelayanan diatas segalanya.

Dengan mengingat kembali pesan dari Kemenkes RI, Gomar mengajak agar setiap tenaga kesehatan menjadi motor penggerak untuk terciptanya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, serta mendorong masyarakat agar mau melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan terus mengembangkan diri dan organisasi dibidang kesehatan.

“Saya jugaberpesan agar sektor kesehatan kedepannya terus berkolaborasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya, Tim PKK, para kepala distrik, para kepala Kampung dan kader -kader kampung, guna terwujudnya masyarakat Mappi yang sehat, serta terciptanya masyarakat yang mandiri dan sejahtera,” pungkas Gomar.

Pada peringatan HKN ini juga diberikan reward kepada 13 ASN purna tugas dari Dinkes Mappi.

Selain itu, penyerahan ambulans untuk 4 puskesmas dan solar cell untuk 7 puskesmas.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada kampung yang menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yakni Kampung Agham dan Kampung Obaa.

Piagam penghargaan diberikan juga kepada puskesmas terbaik pada semester satu tahun 2022 bidang P2P, pemberian penghargaan kepada pejuang Eliminasi Vilaria tahun 2018 hingga 2021.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada tenaga kesehatan tertua yang masih aktif bekerja, dan pemberian penghargaan kepada petugas pustu terlama dan masih aktif bekerja.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.