Peringati HUT TNI AL, Lanal Timika Syukuran Juara 3 Lanal Teladan

Pemotongan tumpeng HUT ke 77 TNI AL sekaligus Lanal Timika adakan syukuran juara 3 sebagai Lanal Teladan 2022. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Pemotongan tumpeng HUT ke 77 TNI AL sekaligus Lanal Timika adakan syukuran juara 3 sebagai Lanal Teladan 2022. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Peringati hari jadi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ke 77, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Timika juga mengadakan syukuran atas torehan juara 3 sebagai Lanal tipe C teladan tahun anggaran (TA) 2022, Senin (12/9/2022), di Kantor Perwakilan Lanal Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Upacara peringatan HUT ke 77 TNI AL dipimpin oleh Komandan Lanal (Danlanal) Timika, Letkol Laut (P) Apriles Lusien Sukirno, M.Han., M.Tr.Opsla dan turut dihadiri perwakilan Pemerintah Kabupaten Mimika, Pimpinan Kejaksaan Negeri Mimika, para Komandan Satuan (Dansat) TNI-Polri hingga pimpinan dari instansi vertikal yang ada di Mimika.

Dalam upacara peringatan HUT ke 77 TNI AL tahun 2022, Danlanal Timika membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono.

Disampaikan bahwa sejarah pengabdian TNI AL kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya Bangsa Indonesia 77 tahun silam.

Selama itu TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan Bangsa dan Negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia.

Indonesia sebagai negara maritim, laut akan selalu dan selamanya menjadi urat nadi kehidupan bangsa. Bahkan kelangsungan hidup bangsa tidak akan lepas dari bagaimana cara memandang lautan sebagai sumber kehidupan dan cara bertahan hidup.

Laut pun menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan, dan perekonomian bangsa menuju kejayaan sebagai bangsa maritim.

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, jaminan keamanan bernavigasi, jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam yang semuanya itu membutuhkan kekuatan TNI AL.

“Dalam merespon tantangan tersebut, TNI Angkatan Laut melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur alutsista dengan upaya moderenisasi diiringi dengan pemenuhan senjata dan amunisi, kelengkapan sarana dan prasarana, serta dukungan logistik terpadu,” terang Danlanal membacakan amanat KSAL Yudo Margono.

Pada kesempatan itu, Lanal Timika sekaligus juga mengadakan syukuran atas torehan juara 3 sebagai Lanal tipe C teladan tahun 2022 seluruh Indonesia. Hasil itu berdasarkan pengumuman yang disampaikan dari Markas Besar TNI AL (Mabesal).

Danlanal menyampaikan, torehan itu berkat adanya kerja keras dari seluruh prajurit TNI AL di Lanal Timika dalam membangun kinerja.

“Ini semua buah dari kerja keras semuanya yang ada di Lanal Timika, mulai prajurit hingga perwira kami di Lanal Timika,” ujar Danlanal sebelum memotong tumpeng didampingi Ketua Cabang 2 Korcab XI Daerah Jalasenastri Armada (DJA) III, Ny. Shanty Apriles.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.