Persiapan Musda, DPD KNPI Mimika akan Gelar Rapimpurda VII

Sekretaris Umum DPD KNPI Mimika, Suraya Madubun (ketiga dari kanan) bersama dengan Panitia Rapimpurda VII. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Sekretaris Umum DPD KNPI Mimika, Suraya Madubun (ketiga dari kanan) bersama dengan Panitia Rapimpurda VII. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Mimika akan menggelar Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) VII pada 8 Oktober 2022 .

Rapimpurda VII merupakan persiapan menuju pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda) KNPI Mimika untuk memilih Ketua DPD KNPI periode selanjutnya.

Sekretaris Umum DPD KNPI Mimika, Suraya Madubun mewakili pengurus DPD KNPI Mimika mengatakan, seminggu yang lalu telah menyerahkan SK Panitia Pelaksana Rapimpurda VII dan sesuai hasil rapat terakhir, pelaksanaan Rapimpurda akan dilakukan pada 8 Oktober 2022 bertempat di Hotel Horison Ultima Timika, jalan Hasanudin.

“Mudah-mudahan semua berjalan sesuai rencana,” kata Soraya dalam agenda jumpa pers yang diadakan disalah satu resto dibilangan jalan Cenderawasih, Selasa (4/10/2022).

Suraya menjelaskan, mekanisme maupun tata cara re-organisasi di akhir kepengurusan DPD KNPI periode 2019-2022, menurutnya sudah berjalan. Kurang lebih satu bulan telah dilakukan rapat-rapat sehingga dalam semua tahapan tetap mengacu pada AD/ART KNPI.

Di Rapimpurda nanti, Ia mengatakan hanya terdapat 2 agenda, yakni menetapkan waktu dan tempat pelaksanaan dan tema Musda. Kemudian menetapkan juga Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang memiliki hak dan peninjau.

“Sebagai sekretaris yang mewakili ketua, meminta mandat maupun SK yang diberikan ke Panitia harus dijalankan sesuai dengan mekanismenya. DPD KNPI hanya melakukan pengawasan saja dan keputusan Rapimpurda akan menjadi keputusan bersama dalam pelaksanaan Musda nanti,” terangnya.

Sementara itu Ketua Panitia Rapimpurda VII, Hugo Iwanggin, menyampaikan bahwa panitia Rapimpurda VII dipilih melalui forum pada 9 Juli 2022, meskipun SK panitia baru diberikan seminggu yang lalu.

Terkait persiapan Rapimpurda VII Hugo mengatakan, pihaknya selaku pemegang mandat telah melakukan beberapa hal mulai dari publikasi sampai pada penetapan waktu dan tempat. Sementara untuk verifikasi, hal itu sendiri akan dijelaskan oleh Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPD KNPI Mimika.

“Kami sudah bagikan flyer maupun informasi terkait pelaksanaan Rapimpurda VII. Dan untuk waktunya akan dilakukan pada 8 Oktober nanti di Hotel Horison Ultima Timika,” jelasnya.

Joni Tsunme selaku Sekretaris Panitia Rapimpurda VII menambahkan, pelaksanaan Rapimpurda nanti panitia akan bersikap netral, dalam hal ini tidak memihak. Sehingga bagi kader OKP yang ingin mencalonkan diri, Ia mempersilakan asal memenuhi persyaratan yang ada.

“Kami mohon dukungan dari pihak-pihak terkait agar pelaksanaan Rapimpurda berjalan lancar,” katanya.

Selanjutnya dari Bidang OKK DPD KNPI Mimika, Aples Isir, menambahkan bahwa peserta Rapimpurda VII adalah merupakan OKP yang terdaftar di DPD KNPI Mimika.

Karena itu, kepada OKP diharapkan segera melakukan verifikasi ulang agar didalam pelaksanaan Rapimpurda dan Musda nanti merupakan anggota sah yang terdaftar di DPD KNPI Mimika.

“Sudah ada 8 OKP yang melakukan verifikasi ulang ke DPD KNPI Mimika, dan jumlah ini akan terus bertambah sampai pelaksanaan Rapimpurda nanti,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.