Persipura Jayapura Tak Keberatan Format Liga 2 Berubah Jadi 3 Wilayah

Skuad Persipura Jayapura. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Skuad Persipura Jayapura. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Manajer Persipura Jayapura Yan Mandenas mengaku tak keberatan adanya format baru kompetisi Liga 2 Indonesia musim 2022/2023 yang akan bergulir pada Agustus mendatang.

“Prinsipnya kita siap 2 atau 3 wilayah pun kita siap untuk harus ikut pertandingan dan kompetisi ini karena target dan niat kita semua pelatih pemain dan manajer bahwa tim ini harus kembali ke Liga 1. sehingga kita pertajam terus para pemain melalui jadwal latihan yang sudah disampaikan oleh pelatih,” kata Mandenas, Sabtu (23/7/2022).

Kata Mandenas, untuk mewujudkan target kembali ke kompetisi Liga 1, berbagai evaluasi dan pemantapan tim terus dilakukan agar timnya yang berjuluk mutiara hitam Persipura Jayapura sudah siap melakoni kompetisi kasta kedua Indonesia itu.

“Dan kita berdiskusi tentang semua proses latihan dan kekurangan-kekurangan ada di tim, sehingga saat ini saya pikir sambil berjalan tidak ada kekurangan yang benar-benar menghambat proses latihan kita. Walaupun memang kita akui bahwa segala sesuatu yang kita lakukan saat ini belum sempurna karena memang kita apa masih berharap proses pembiayaan yang nanti dari sponsor,” ujar YPM panggilan singkatnya.

Sementara senada disampaikan pelatih kepala Ricky Nelson tak keberatan adanya format terbaru dari PSSI. Adanya format pembagian 3 wilayah dirasa baik karena tak menelan biaya yang cukup besar.

“Memang secara game berkurang harusnya 26 game, kalau dua wilayah itu ideal sekali. Tapi dengan 26 game biayanya besar kali mungkin semua bisa habiskan Rp15-25 milliar butuhkan karena perjalanan kita mahal sekali. Tapi kalau dengan hanya 3 grup biaya agak menurun, hanya gamenya sedikit,” kata Nelson.

“Tapi bagi saya enggak penting sih, yang penting bagaimana kita bawa tim ini bisa tetap kompetisi. Kita ikut yang sudah dibuat oleh PSSI, walaupun memang agak sedikit di game nya karena kalau gamenya banyak kita bisa coba-coba pemain muda, bisa orbitkan. Tetapi kalau game-nya cuma sekarang 16 kita harus berhitung semuanya, supaya setiap game itu bisa dapat poin,” tandasnya.

Format dan system kompetisi Liga 2 2022-2023 bakal diikuti oleh 28 klub peserta. Adapun 28 klub peserta Liga 2 musim depan terdiri dari 20 klub Liga 2 2021 serta 8 klub promosi Liga 3 2021-2022.

Nantinya, kompetisi akan dibagi ke dalam tiga wilayah. Adapun format double round robin dengan sistem home dan away akan diterapkan di Liga 2 musim depan. Setelah itu, sejumlah tim akan terpilih masuk ke babak enam besar. Babak tersebut juga akan digelar dengan sistem double round robin home dan away.

Lebih lanjut, empat tim bakal terpilih untuk berlaga di babak final dan play-off promosi. Hal itu serupa dengan format musim lalu. Sebanyak tiga tim bakal meraih tiket promosi ke Liga 1 2023-2024. Sebanyak 248 pertandingan akan tersaji di Liga 2 2022-2023. Adapun kompetisi tersebut direncanakan berakhir pada Februari 2023.

 

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.