Pertama Kali, Pemkab Mappi Operasikan Bus Layani Mama-mama Jualan di Pasar

Pengemudi bus untuk mama-mama Papua di Mappi. (Foto: Ist)
Pengemudi bus untuk mama-mama Papua di Mappi. (Foto: Ist)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mappi dibawah kepemimpinan Penjabat Bupati Michael R. Gomar, mengoperasikan dua unit bus gratis untuk melayani mama-mama berjualan di pasar baru Kota Keppi.

Bus ini beroperasi untuk mengantar dan menjemput mama-mama pergi dan pulang dari pasar.

Kehadiran bus ini sangat membantu mama-mama, pasalnya mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membawa barang dagangan ke pasar.

Mama-mama yang berjualan di Pasar Kota Keppi mengaku senang dengan adanya bus ini. Bahkan diakui bahwa ini pertama kali Pemkab Mappi memberikan bantuan angkutan untuk mereka.

“Kita rasa bersyukur sekali dari pada kita buang uang Rp10 ribu untuk bayar ojek. Padahal bebannya tidak begitu berat, bagaimana lagi kita kalau sarapan pagi di pasar kasian uang semakin berkurang,” ungkap pedagang Pasar Kota Keppi, Esferita Wagatu.

Esferita menuturkan, dirinya sudah sangat lama menjadi pedagang di pasar Keppi.  Bahkan dirinya menyebutkan selama menjadi pedagang belum ada bantuan bus seperti ini sebelumnya.

“Selama ini tidak pernah pemerintah siapkan bus untuk kami. Kadang kami jalan kaki dari pelabuhan ke pasar pikul barang kalau kami pas tidak ada uang ojek. Kami rasa bersyukur sekali,” ungkapnya.

Ia berharap kedepannya pemerintah juga bisa menyediakan transportasi sungai agar bisa mengangkut mama-mama dari kampung berjualan di kota.

“Harapan kita ibu – ibu kedepannya supaya lebih lancar lagi untuk kita punya perjalanan pergi pulang ke pasar. Mungkin bapak bupati juga bisa bangun rumah tunggu di pelabuhan untuk kami menunggu bus,” harapnya.

Sementara itu pengemudi bus, Kristoforus Regen menjelaskan bahwa pengoperasian bus tersebut untuk melayani mama-mama dari kampung untuk berjualan di Pasar Baru.

Ia menuturkan, bus tersebut beroperasi mulai dari pukul 06.30 WIT sampai pukul 10.00 WIT, dengan rute pengangkutan dari pelabuhan kayu Jalan Sumatera menuju pasar baru, dan dari pelabuhan missi menuju pasar baru.

Kistoforus yang juga selaku pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Mappi mengungkapkan, jasa bus tersebut gratis tanpa harus dipungut biaya sepeserpun.

Kata dia, saat ini ada dua unit bus yang beroperasi untuk melayani mama-mama berjualan di pasar.

“Kami melayani masyarakat gratis, karena ini perintah dari atasan. Untuk operasi di lapangan tidak ada kendala apapun,” tuturnya.

Kris berharap agar armada pengangkutan mestinya ditambah lagi karena permintaan di lapangan cukup banyak.

Kata dia, untuk pengangkutannya tidak menentu berapa kali dalam sehari, ini karena para pedagang tiba di pelabuhan tidak bersamaan, begitupun jam pulangnya juga.

“Jadi mama-mama dong ini tiba di pelabuhan tidak bersamaan, ada yang datang cepat ada juga yang datang terlambat. Tetapi semuanya tetap kami layani,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.