Pertanian Lokal Perkuat Pangan Warga Lanny Jaya di Tengah Pandemi

Ilustrasi (Foto: SP)
Ilustrasi (Foto: SP)

TIMIKA | Banyak negara di seluruh dunia berupaya bangkit dari masa sulit di tengah pandemi Covid-19, antaralain dengan memperkuat ketahanan pangan.

Sejumlah pemerintah daerah di Papua bahkan sedari awal mengajak warganya bertani dan meningkatkan hasil pertanian, guna menjaga ketahanan pangan lokal di masa pandemi.

Misalnya di Lanny Jaya, warga lokal setempat mayoritas adalah petani. Mereka yang masih sangat bergantung dengan alam di sekitarnya, termasuk kondisi yang menguntungkan di tengah wabah.

“Pemerintah daerah memastikan semua punya lahan pertanian. Ini untuk menjaga jangan sampai terjadi keterbatasan bahan makanan akibat isolasi wilayah,” kata Ketua Komisi A DPRD Lanny Jaya Terius Yigibalom, Senin (30/11).

Mantan Ketua DPRD Lanny Jaya 2014-2019 ini mengatakan, ekonomi atau kebutuhan warga lokal di sana yang fokus ke sektor pertanian membuat mereka tidak begitu kesulitan.

Mata pencaharian masyarakat Lanny Jaya adalah sebagai petani dan peternak. Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom bersama DPRD sering kali turun melihat masing-masing kampung punya lahan pertanian.

IKLAN-TENGAH-berita

“Sehingga tidak berpengaruh sekali ketika Covid-19. Masyarakat punya kebun sendiri. Bahkan sekarang banyak yang sementara panen. Ini tetap produktif di tengah pandemi,” katanya.

Kondisi ini, menurut Terius, membuat masyarakat lokal Papua di sana dengan sendirinya telah mengantisipasi dampak wabah.

“Kami sendiri terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan hasil pertanian. Jika sebelumnya biasa-biasa saja, dengan adanya instruksi bupati tentang ketahanan pangan maka ini sangat membantu,” katanya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar