Pesawat Cassa TNI AU Ditembak OTK di Pegunungan Bintang

Ilustrasi
PESAWAT | Ilustrasi (Foto: Ist/dok/SP)

JAYAPURA | Pesawat milik TNI AU jenis Cassa CNA 2909 ditembak Orang Tak Dikenal (OTK) di Pegunungan Bintang, Papua, pada Senin (23/3) pagi sekitar pukul 08.30 WIT.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel CPL Eko Daryanto membenarkan kejadian tersebut.

Eko menyebut bahwa pesawat ditembak saat akan mendarat di Bandara Oksibil.

“Pesawat ditembak di ketinggian sekitar 4.800 feet diatas Distrik Serambakon saat akan mendarat di Bandara Oksibil,” kata Eko Daryanto saat ditemui di Kantor Pendam XVII/Cenderawasih, Senin (23/3) sore.

Eko membeberkan bahwa pesawat terbang dari Jayapura tujuan Oksibil dengan membawa bahan makanan untuk personel yang ada di Oksibil, dan sebagian bahan bangunan milik Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang.

“Pesawat membawa bahan makanan untuk personel TNI yang melaksanakan tugas di Oksibil. Selain itu ada bahan bangunan milik Pemda Kabupaten Pegunungan Bintang untuk pembangunan gereja,” terangnya.

Ia mengungkapkan, meski mendapat tembakan, pesawat berhasil mendarat dengan aman di Bandara Oksibil.

Dari hasil pemeriksaan ada enam tembakan yang mengenai pesawat. Lima tembakan di sayap sebelah kanan, sementara satu tembakan mengenai body pesawat.

“Saat ini pesawat masih di Bandara Oksibil dan belum kembali ke Jayapura karena masih dilakukan pemeriksaan,” sambungnya.

Eko menambahkan, saat ini pihaknya tengah melakukan upaya penegakan hukum terhadap pelaku penembakan.

“Kita masih menyelidiki pelaku penembakan. Kita belum tau kelompok mana yang melakukan, tapi yang pasti kita akan tindak tegas karena masyarakat sipil dilarang memegang dan menggunakan senjata,” tandasnya.

 

Reporter: Fnd
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar