Pesawat Muat Sembako Tergelincir di Bandara Bilorai Sugapa

KECELAKAAN | Pesawat jenis Pilatus milik PT Spirit Avia Sentosa (SAS) yang dipiloti Captain Alion Belau mengalami insiden kecelakaan di Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (28/2/2022). (Foto: Humas Polda Papua)
KECELAKAAN | Pesawat jenis Pilatus milik PT Spirit Avia Sentosa (SAS) yang dipiloti Captain Alion Belau mengalami insiden kecelakaan di Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Papua, Senin (28/2/2022). (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Pesawat milik PT Spirit Avia Sentosa (SAS) yang digunakan Pemkab Puncak, Papua, tergelincir di Bandara Bilorai, Sugapa, Intan Jaya, Senin (28/2/2022) sekitar pukul 8.37 WIT.

Pesawat jenis Pilatus dengan register PK-FSW tersebut, memuat sembako dan bahan bangunan serta enam orang penumpang.

Aparat kepolisian setempat melalui Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan insiden kecelakaan tersebut.

Dalam keterangannya menyampaikan bahwa pesawat yang dipiloti Alion Belau mengalami pecah pada ban depan, sehingga pesawat keluar dari jalur atau runway.

“Ketika landing dari arah runway 09 Bandara Bilorai, kemudian jarak sekitar 50 meter dari titik landing awal di landasan, pesawat SAS PK-FSW mengalami pecah ban bagian depan. Sehingga pesawat tergelincir keluar arah kanan landasan,” jelas Kamal.

Dalam kecelakaan ini tidak menimbulkan adanya korban jiwa maupun luka-luka yang berarti, pilot dan penumpang dalam kondisi selamat.

Hanya saja kondisi pesawat mengalami kerusakan bagian mesin baling-baling, bagasi depan, dan patah pada ban depan.

Meski ada insiden ini, aktivitas penerbangan di Bandara Bilorai masih tetap berjalan dengan pengamanan dari aparat gabungan TNI-Polri.

“Penerbangan di Bandara Bilorai tetap berjalan seperti biasa, anggota gabungan dari TNI-Polri disana masih melakukan pengamanan. Kasus pesawat tergelincir tersebut sudah ditangani oleh Satuan Reskrim Polres Intan Jaya,” tutup Kamal.

Captain Alion Belau didampingi FO Irela Yudiasto beserta enam penumpang yaitu Fonataba, Damianus, Muskana, Jhon Pigau, Harusu dan Darkon.

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.