PGI Imbau Gereja-Gereja Berdoa dan Bantu Korban Bencana

Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat beberapa waktu yang lalu (Foto: Fanpage BNPB)
Gempa yang terjadi di Sulawesi Barat beberapa waktu yang lalu (Foto: Fanpage BNPB)

TIMIKA | Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) menyampaikan keprihatinan mendalam atas sejumlah bencana yang terjadi di awal tahun 2021 ini.

Situasi ini memantik keprihatinan PGI, dimana bencana memporak-porandakan kehidupan dan menelan korban jiwa tak sedikit. Bencana semakin membuat miris karena terjadi di tengah pandemi Covid-19.

“PGI mengungkapkan belarasa terhadap keluarga-keluarga yang terdampak dan duka mendalam atas korban jiwa,” demikian pernyataan PGI melalui Humas
Philip Situmorang
kepada Seputarpapua, Rabu 20 Januari 2021.

Oleh karena itu, Philip Situmorang mengatakan organisasi persekutuan Gereja di Indonesia terpanggil menyampaikan beberapa imbauan untuk bersama-sama dapat meringankan dampak bencana ini.

Pertama, PGI berharap agar gereja-gereja membawakan dalam doa-doa syafaat di keluarga maupun komunitas, seraya juga menopang para korban dengan mengumpulkan bantuan sebagai wujud kepedulian sesama anak bangsa.

“Secara khusus PGI telah mendorong PGIW Kalsel dan PGIW Sulselbar untuk mengkoordinasikan bantuan bagi korban banjir di Kalsel dan korban gempa bumi di Sulbar,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Selain emergensi respons, gereja diharapkan perlu melibatkan diri dalam program trauma healing serta program pemulihan dan pemberdayaan ekonomi warga.

Kedua, MPH-PGI meminta perhatian pemerintah, khususnya BNPB untuk turun tangan dan agar tak seorang pun korban yang terabaikan.

“Pemerintah juga perlu segera merekonstruksi kerusakan-kerusakan yang terjadi agar roda kehidupan masyarakat segera pulih,” kata Philip.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar