PGI Surati Presiden RI Soal Penembakan Pendeta di Papua

Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom (pgi.or.id)
Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom (pgi.or.id)

TIMIKA | Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam penembakan yang menewaskan Pdt. Yeremia Zanambani di Klasis Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Sabtu 19 September 2020.

“Dalam keprihatinan mendalam atas kasus penembakan tersebut, PGI berharap persitiwa itu tidak terulang,” kata Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom melalui siaran pers di laman pgi.or.id, Senin (21/9).

Pdt. Gomar Gultom mengatakan, informasi mengenai penembakan ini masih simpang siur dan tengah dalam pendalaman lebih lanjut.

“Di satu sisi PGI mendapat laporan dari GKII dan pemberitaan media lokal yang menyebutkan, penembakan tersebut diduga dilakukan oleh aparat TNI yang sedang melakukan tugas operasi militer, sementara media nasional memberitakan bantahan pihak TNI, dan menyebut pelaku penembakan adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB),” katanya.

Oleh sebab itu, tidak mudah bagi PGI untuk mengklarifikasi peristiwa ini. Karenanya, PGI telah menyurati Presiden Republik Indonesia, Kapolri dan Panglima TNI untuk mengusut tuntas kasus ini dengan membawanya ke ranah hukum.

“Untuk menghindari saling tuduh, sebagaimana sudah terjadi, kami mengusulkan dibentuknya Tim Investigasi yang independen,” ujarnya.

IKLAN-TENGAH-berita

Lebih lanjut Pdt. Gomar, semua pihak menghendaki agar Presiden RI segera memerintahkan Kapolri untuk mengusut tuntas kasus ini dan membawanya ke ranah hukum. Juga meminta Presiden untuk memerintahkan Panglima menghentikan segala bentuk operasi militer, jika betul ini ulah TNI.

“Cukup lama sudah Papua bersimbah darah, dan segala bentuk kekerasan dan pendekatan militer selama ini tidak menyelesaikan masalah Papua, malah menimbulkan lingkaran kekerasan yang tidak ada ujungnya. Satu nyawa orang Papua pun sangat berharga seturut dengan amanat konstitusi RI, terlebih di hadapan Tuhan,” tegasnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar