Pilkada 2024, Jumlah TPS di Mimika Berkurang 50 Persen

Komisioner KPU Mimika, Koordinator Divisi Data Budiono Muchie. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Komisioner KPU Mimika, Koordinator Divisi Data Budiono Muchie. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com| Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 akan segera berlangsung di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Pilkada kali ini, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Mimika akan berkurang mencapai 50 persen dari jumlah TPS pada pemilihan legislatif Februari lalu.

Komisioner KPU Mimika, selaku Koordinator Divisi Data, Budiono Muchie menjelaskan, pada Pileg lalu, jumlah TPS di Mimika sebanyak 955 TPS dengan jumlah pemilih 300 pemilih.

Sedangkan di Pilkada nanti, 1 TPS diperuntukkan untuk sekitar 600 pemilih.

“Otomatis berkurang 50 persen. Jadi berkurang separuhnya sisa 461 TPS di Mimika, tapi itu nanti busa berkurang atau bertambah,” kata Budi, Jumat (14/6/2024).

Dengan berkurangnya jumlah TPS ini, sebelumnya KPU sudah melakukan sosialisasi kepada kepala distrik, kelurahan dan kampung serta ketua-ketua RT tentang berkurangnya jumlah TPS.

“Sosialisasi kemarin itu langkah kita untuk mencegah konflik pada saat hari H nanti, karena belajar dari Pileg sebelumnya itu salah satu masalahnya TPS,” katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan