Pj Bupati Paparkan Kondisi Mappi di Hadapan Pj Gubernur Papua Selatan

Pj Gubernur Papua Selatan saat tiba di Mappi, Sabtu (31/12/2022)
Pj Gubernur Papua Selatan saat tiba di Mappi, Sabtu (31/12/2022)

MAPPI | Tepat di penghujung Tahun 2022, Sabtu (31/12/2022), Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo didampingi istri serta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mappi.

Kedatangan Pj Gubernur Papua Selatan itu disambut langsung Pj Bupati Mappi, Michael Rooney Gomar bersama Ketua TP PKK Mappi, Stefanie Lebang Gomar.

“Bapak Pj Gubernur Papua Selatan dapat meluangkan waktu dari kesibukan kerja mengunjungi masyarakat Kabupaten Mappi. Kami sampaikan selamat datang di Kota Sejuta Rawa,” ucap Pj Bupati menyambut kedatangan Pj Gubernur.

Mengisi kunjungannya ke Mappi, Pj Gubernur Papua Selatan melakukan tatap muka dengan Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan, tokoh pemuda dan masyarakat di GOR Kepi.

Pj Bupati Mappi Michael Gomar dalam kesempatan itu memaparkan kondisi Kabupaten Mappi serta program kerja pemerintahan.

Ia mengungkapkan Kabupaten Mappi memiliki luas wilayah 22.864 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 171.288 jiwa yang tersebar di 15 distrik.

Penduduk asli Mappi terdiri dari enam suku besar yang hidup dengan hubungan kekerabatan dan kekeluargaan yang sangat erat.

Dilantik menjadi Pj Bupati Mappi dan sudah bertugas selama kurang lebih 7 bulan, Pj Bupati menyatakan, ada beberapa tugas yang diberikan oleh Mendagri untuk menjadi prioritas.

Salah satunya menjalankan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat yang sudah dijalankan dengan melakukan penataan reformasi birokrasi.

Pemkab Mappi juga mendukung persiapan daerah otonom baru Provinsi Papua Selatan dengan mengalokasikan setidaknya sekitar 190 orang PNS.

Kemudian dari sisi anggaran dengan mengalokasikan hibah Rp5 miliar pada Tahun 2022 dan sudah terealisasi. Kebijakan anggaran ini juga terus dilanjutkan Tahun 2023 dengan alokasi Rp5 miliar sebagai dukungan dan komitmen untuk pemerintahan di Provinsi Papua Selatan.

Selain tugas pemerintahan, Pj Bupati Mappi juga melanjutkan amanah dari Mendagri untuk suksesi Pemilu Tahun 2024 yang digelar serentak.

Pemkab Mappi pada Tahun 2022 sudah menyerahkan hibah Rp1 miliar kepada KPUD dan Rp1 miliar ke Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu.

Tahun 2023, dua lembaga tersebut juga akan kembali mendapat hibah masing-masing Rp1,5 miliar. Juga rehab kantor KPUD agar bisa maksimal dalam melaksanakan tugas dan tahapan Pemilu.

Meski tengah fokus pada persiapan Pemilu Tahun 2024, Pemkab Mappi kata Pj Bupati di depan Pj Gubernur memastikan program lainnya terutama pemberdayaan ekonomi masyarakat, infrastruktur tetap dipastikan berjalan.

Salah satunya dengan menggelar Festival Budaya dengan tujuan memperkenalkan Mappi ke dunia luar agar semakin dikenal dan bisa bersaing dengan kabupaten lain.

Di bidang ekonomi, Pj Bupati telah menggagas program bantuan kepada masyarakat, pelaku UMKM yakni mama-mama Papua dan juga bantuan untuk pengembangan sanggar budaya.

 

Tanggapi Berita ini
editor : Aditra
sumber : Pemkab Mappi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.