Pj Sekda Mimika: Dana Hibah Dukung Penyelenggaraan Pemerintahan ke Masyarakat

Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
Pj Sekda Mimika, Petrus Yumte. (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah setiap tahun menyiapkan anggaran hibah untuk sejumlah organisasi.

Penjabat (Pj) Sekda Mimika Petrus Yumte mengatakan dana hibah ini diberikan tidak hanya kepada organisasi, tetapi juga kepada instansi vertikal.

Terakhir Pemkab Mimika memberikan kepada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Mimika. Bantuan kepada Kemenag ini, kata Yumte, sebagai bentuk dukungan seperti membantu para jemaah calon haji yang berangkat menunaikan ibadah haji dan lainnya.

Menurut Yumte, dana hibah ini juga salah satu hal yang penting untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

“Hibah ini perlu disiapkan oleh pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang diselenggarakan oleh organisasi tertentu yang mengelola bagian dari tugas mereka,” kata Petrus saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika pada Senin, 22 Mei 2023.

Organisasi yang menerima dana hibah dari pemerintah beberapa diantaranya ialah organisasi pemuda, olahraga dan juga keagamaan, karena dianggap melaksanakan sebagian tugas pemerintah yang tidak bisa dilaksanakan langsung oleh pemerintah.

“Jadi ya kita pemerintah harus dukung dengan hibah ini,” katanya.

Ia menilai organisasi-organisasi yang disebutkan tentunya memiliki keterbatasan dalam memaksimalkan kegiatannya.

“Keterbatasan itulah yang pemerintah fasilitasi. Jadi, hibah ini bukan tidak boleh, tapi hibah ini dalam bentuk support kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi diluar pemerintahan resmi untuk mendukung program-program pemerintah yang tidak semua dikerjakan oleh pemerintah,” jelasnya.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan