Plt Bupati Mimika Ingatkan Kepala OPD Kurangi Perjalanan Dinas ke Luar Kota

Pimpinan OPD mengikuti apel gabungan di Lapangan Puspem. Senin (31/10/2022). (Foto: Anya Fatma/SeputarPapua)
Pimpinan OPD mengikuti apel gabungan di Lapangan Puspem. Senin (31/10/2022). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Plt Bupati Mimika, Papua Tengah, Johannes Rettob mengingatkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mengurangi perjalanan dinas ke luar Kota Timika.

John sapaan akrab Plt Bupati, mengaku setelah mengevaluasi selama satu bulan terakhir ini dilihat banyak pimpinan OPD yang melakukan koordinasi ke luar daerah seperti Jakarta dan Jayapura.

“Tidak tahu koordinasi apa ini, koordinasi di Jakarta, di Jayapura, di mana-mana,” kata John saat memimpin apel gabungan ASN di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, perjalanan dinas atau sejenisnya yang harus dilakukan di luar kota itu dilakukan sesuai kebutuhan.

Jika perlu, kepala OPD bisa menugaskan stafnya untuk berangkat.

“Kepala dinas tidak usah terlalu banyak jalan. Saya evaluasi ada dinas yang mulai awal tahun sampai sekarang itu orang lain tidak jalan, kepala dinas terus yang jalan,” ucapnya tegas.

Selain itu, di hadapan para ASN dan non ASN, John mengungkapkan ada oknum kepala dinas yang memberikan izin jalan kepada stafnya, namun memotong uang perjalanan.

“Kalau staf mau jalan dikasih jalan, tapi dia bikin pernyataan dulu, saya kasih ko jalan tapi ko tanda tangan 5 hari, terima 3 hari saja. Ini terjadi dan kamu tahu semua,” ungkap John.

Ketika dikonfirmasi, John mengatakan bahwa kepala dinas yang melakukan hal tersebut diantaranya ada yang sudah diganti dan ada yang masih mejabat.

Sehingga dia akan melihat terus kinerja dari setiap pimpinan OPD.

“Mudah-mudahan mulai hari ini kami perbaiki, supaya semua bisa berjalan sesuai tugas masing-masing. Kita jadi pejabat, jadi pegawai negeri kita yang harus melayani,” pungkas John.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.