Plt Bupati Mimika Pantau Pemotongan Hewan Kurban di Sejumlah Masjid

Plt Bupati Mimika Johannes Rettob saat memantau penyembelihan hewan kurban di Masjid LDII yang berada di Jalan Hasanuddin Mimika, Papua Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Plt Bupati Mimika Johannes Rettob saat memantau penyembelihan hewan kurban di Masjid LDII yang berada di Jalan Hasanuddin Mimika, Papua Tengah, Senin (17/6/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Plt Bupati Mimika Johannes Rettob melakukan pemantauan pemotongan hewan kurban di beberapa lokasi yakni Masjid LDII, Muhammadiyah dan NU, Senin (17/6/2024).

John dalam penyampaianya usai meninjau pemotongan hewan kurban di masjid LDII yang berada di Jalan Hasanuddun memberikan apresiasi kepada pengurus dan panitia pemotongan hewan kurban sebab seluruhnya dilakukan dengan tertib, bersih dan steril.

“Saya memberikan apresiasi setiap tahun masjid ini melakukan pemotongan hewan kurban dan tadi kita lihat sendiri dilakukan dengan tertib dan rapi, kemudian ada juga tim dengan tugas dan fungsi masing-masing, ini sesuatu yang baik yah, yang perlu kita kembangkan,” katanya usai menyaksikan pemotongan hewan kurban di Kompleks Masjid LDII.

John melanjutkan, proses pemotongan yang dilakukan sangat rapi, bahkan ada sanitasi khusus untuk darah hewan kurban juga disiapkan dan semua hasil kurban dimanfaatkan hingga menjadi pupuk.

“Ini luar biasa, jadi kita perlu apresiasi,” ujarnya.

Pemkab Mimika tahun 2024 ini memberikan bantuan hewan kurban sebanyak 33 sapi dan 50 ekor kambing untuk pelaksanaan kurban di beberapa lokasi.

“Tahun ini kan stok hewan kurban juga terbatas, karena kita tidak boleh datangkan dari luar (daerah Mimika),” terangnya.

Ketua DPD LDII La Ode Muhammad Norris Ashara mengatakan pihaknya tahun 2024 ini berkurban sebanyak 16 ekor sapi dan 15 ekor kambing.

“Pengadaan kambing dan sapi itu tiap tahunnya kami selalu mengimbau kepada warga dan jamaah agar bisa menabung, setiap setelah perayaan idul adha mereka bisa menabung kembali, untuk persiapan bisa berkurban di Idul Adha yang akan datang,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan