Polda Papua Kerahkan 6.000 Personel Amankan Nataru

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Ist)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Ist)

JAYAPURA | Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyiapkan 6.000 personel guna mengamankan perayaan Natal 2023 dan malam pergantian Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri menjelaskan ribuan personel ini nantinya akan terlibat langsung dalam pengamanan ibadah natal hingga pengamanan malam pergantian tahun.

“Anggota telah dibagi oleh Biro Ops Polda Papua untuk terlibat dalam pengamanan Operasi Lilin Cartenz 2023 sebanyak 6.000 personel,” kata Irjen Fakhiri.

Ia menyebutkan, Operasi Lilin tersebut akan dilaksanakan mulai 21 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

“Pada tanggal 21 Desember 2023 akan digelar upacara gelar pasukan Operasi Lilin Cartenz 2023, yangmana operasi tersebut akan berlangsung selama 12 hari serentak diseluruh Indonesia bersama dengan polda-polda lain,” jelasnya.

Selain aparat, kata Kapolda, pengamanan juga akan melibatkan unsur dari pemuda muslim.

“Bukan hanya dari Kepolisian saja, biasa ada keterlibatan dari saudara muslim yang ikut serta menjaga proses jalannya ibadah oleh saudara-saudara nasrani,” terangnya.

Irjen Fakhiri menyebut saat ini situasi di wilayah hukum Polda Papua pasca rentetan aksi dibeberapa daerah berangsur-angsur aman dan kondusif.

“Semoga situasi ini bisa terjaga, sehingga perayaan natal dan tahun baru bisa berjalan lancar dan penuh hikmah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan juga mengatakan akan menurunkan ribuan personel untuk pengamanan natal dan tahun baru di empat provinsi.

“Kita akan mengerahkan seluruh personel di tiga Korem dan 17 Kodim untuk pengamanan natal dan tahun baru. Jumlah personel yang akan turun langsung ke lapangan kurang lebih 7.000 orang,” katanya kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, pada Kamis 14 Desember 2023.

Selain itu, pengamanan natal dan tahun baru juga akan melibatkan seluruh Satuan Tugas (Satgas) yang ada di Papua.

Advertisements

“Nanti ditambah dengan satgas yang ada di Papua jumlahnya sekitar 6.500 personel. Ini semuanya akan kia kerahkan untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru agar masyarakat Papua bisa merayakan natal dan tahun baru dengan damai,” ungkapnya.

penulis : Firga
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan