Polda Papua Tengah Disiapkan, Pemetaan Pembangunan dan Personil Mulai Dibahas

Kombes Pol Gustav R. Urbinas (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kombes Pol Gustav R. Urbinas (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pejabat Utama (PJU) Polda Papua yang bertugas sebagai Perwira Penghubung atau Liaison Officer (LO) untuk Papua Tengah Kombes Pol Gustav R. Urbinas menjelaskan tugas dan fungsinya selaku perwira penghubung Polda Papua untuk Provinsi Papua Tengah.

Dijelaskan, dirinya ditugaskan untuk mendukung kerja Pj Gubernur Papua Tengah dalam rangka pembentukan pemerintahan. Selain itu, juga bertugas untuk mengkoordinir 8 Kapolres di Papua Tengah.

“Dan juga mengkomunikasikan dengan Polda Papua terkait penanganan keamanan dan ketertiban di wilayah kabupaten kabupaten pegunungan tengah,” ungkapnya.

Gustav juga sebagai penghubung dalam rangka pemetaan pembangunan Polda Papua Tengah kedepan.

Untuk pembangunan Polda Papua Tengah, kata Gustav belum bisa dipastikan kapan akan selesai, sebab semua masih dibangun dari awal sehingga cukup memakan waktu.

“Sepertinya mungkin 2025 atau 2026 cuma nanti dilihat apakah sudah bisa ada perangkat untuk pengamanan Pilkada 2024 atau kita masih tetap tersuport dari satu Polda. Yang penting sekarang kita dengan Mabes Polri pemetaan sarana prasarana termasuk aset untuk pembangunan kantor, dan juga personil karena masih berasal dari Polres Polres sekitarnya,” kata Gustav ketika diwawancarai di Timika, Selasa (29/11/2022).

Mengenai pesonil yang akan ditempatkan di Papua Tengah, kata Gustav sesuai dengan arahan Kapolda Papua setiap tahun akan ada penambahan rekruitmen secara reguler. Polda juga sementara berupaya merekrut bintara noken.

“Pak Kapolda masih berupaya untuk merekrut noken (Bintara noken-red) dengan jumlah yang lebih besar dari pada reguler seperti sebelum-sebelumnya guna mempersiapkan untuk kebutuhan personil kedepan di daerah DOB ini termasuk Papua Tengah,” katanya.

Kemudian nantinya ada personil-personil di Polres-Polres maupun di Polda Papua. Saat mendekati peresmian Polda Papua Tengah akan dipetakan juga penempatan-penempatannya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.