Polisi Amankan 33 Orang Diduga Provokasi Aksi Tolak Vaksin di Tembagapura

BLOKADE JALAN | Massa lakukan blokade jalan tambang di Ridge Camp mile 32, Minggu (27/6/2021) malam. (Foto: Ist)
BLOKADE JALAN | Massa lakukan blokade jalan tambang di Ridge Camp mile 32, Minggu (27/6/2021) malam. (Foto: Ist)

TIMIKA | Kepolisian Sektor Tembagapura mengamankan sedikitnya 33 orang buntut dari aksi blokade jalan Mile 72 Ridge Camp, Tembagapura, Papua pada Hari Minggu, 27 Juni 2021 lalu.

Kapolsek Tembagapura, Iptu Menase Sayori menjelaskan, kejadian pemalangan jalan tambang itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIT.

Diduga dilakukan sejumlah oknum karyawan dilingkup PT Freeport Indonesia (PTFI) yang menolak vaksinasi.

Dijelaskannya, pihak manajemen PTFI bersama kepolisian di Polsek Tembagapura sudah lakukan langkah-langkah persuasif guna meredah emosi massa.

“Padahal vaksin ini tidak ada unsur keterpaksaan. Kalau tidak mau divaksin silakan. Tapi jangan palang jalan,” terang Sayori melalui sambungan telepon, Selasa (29/6/2021).

Menurut Sayori, meski sudah diberi penjelasan, massa tetap bertahan untuk tidak membuka palang. Pemalangan berlangsung hingga delapan jam atau sekitar 23.00 WIT

Karena sudah terlalu malam dan aktivitas produksi tambang harus berjalan, dijelaskan Sayori, polisi terpaksa lakukan pembubaran paksa usai berkoordinasi dengan Manajemen PTFI.

Akibatnya, pihak massa berhamburan dari kerumunan dan beberapa mengalami luka ringan.

“Saya konfirmasi ke pihak manajemen bubarkan secara terpaksa, banyak yang lari ada yang jatuh kaki luka, kita obati ke klinik,” terangnya.

reporter : Yonri
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.