seputarpapua.com

Polisi Imbau Anak Muda Timika Tidak Lakukan Balap Liar di Bulan Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Aktifitas di ruas jalan Budi Utomo, Timika, Papua.
Aktifitas di ruas jalan Budi Utomo, Timika, Papua.

TIMIKA | Wakapolres Mimika, Provinsi Papua, Kompol Sarraju mengimbau anak-anak muda di daerah itu, Papua untuk tertib berkendara di Bulan Puasa yang rencananya akan dimulai Selasa, 13 April 2021, besok.

Hal tersebut ditegaskan karena biasanya usai sahur, para pemuda melakukan “balap liar” di sejumlah jalan utama dalam Kota Timika.

“Anak-anak muda yang senang selesai sahur, kemudian ngumpul-ngumpul dengan kendaraan, mondar-mandir, bahkan dengan jumlah yang banyak sehingga suara kendaraan itu mengganggu, Ini kan sangat berbahaya,” terangnya di Mapolres Mimika, Jalan Agimuga Mile 32, Senin (12/4/2021).

Dikatakan Sarraju, biasanya para anak muda yang euforia berlebihan di jalan tidak hanya menggangu warga dengan kebisingan kendaraannya, tapi juga rombongan anak muda ini bertaruh di dalam aksi balap liar tersebut.

“Kadang juga mereka itu bertaruh dalam kebut-kebutan itu,” ujarnya.

Tentu, kata Sarraju, Kepolisian tetap memantau ketertiban dan keamanan di Timika melalui patroli di jalan-jalan. Kepolisian juga berupaya agar aksi seperti ini tidak terjadi di Bulan Puasa tahun ini.

“Seperti pada tahun-tahun yang lalu, kami tetap meningkatkan patroli setelah makan sahur,” ujarnya.

Meski demikian, Kompol Sarraju tetap mengharapkan kerja sama dari para orang tua. “Orang tua diharapkan tidak memberikan kendaraan kepada anak, terlebih jika anak belum masuk dalam usia layak berkendara. Sebab, selain mengancam keselamatan anaknya, juga mengancam keselamatan pengendara lain di jalan raya,”.

“Apalagi kalau anaknya masih SMP, dalam kategori anaknya masih di bawah umur, ya, jangan berikan kendaraannya untuk dibawa,” tutup Sarraju.

 

Reporter: Yonri
Editor: Batt
Berita Terkait
Baca Juga