Polisi Kantongi 3 Nama Pelaku Pembakaran Kantor Distrik di Paniai

Kantor Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, diduga dibakar oleh sekelompok orang diduga merupakan aparat kampung dalam keadaan dipengaruhi minuman keras beralkohol. (Foto: Humas Polda Papua)
Kantor Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, diduga dibakar oleh sekelompok orang diduga merupakan aparat kampung dalam keadaan dipengaruhi minuman keras beralkohol. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Polda Papua menyebut bahwa kantor distrik yang dibakar di Kabupaten Paniai, Papua Tengah, adalah Kantor Distrik Kebo yang diduga dilakukan oleh sekelompok orang dalam keadaan dipengaruhi minuman keras beralkohol, pada 30 September 2022.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan bahwa peristiwa pembakaran itu terjadi pada pukul 11.30 WIT.

Berawal ketika Kepala Distrik setempat bersama staf dari Dinas Sosial dan petugas pendamping distrik usai mengantar dana BLT BBM, yang kemudian diserahkan kepada para kepala kampung.

Selanjutnya para kepala kampung melakukan pembagian dana BLT BBM kepada masyarakat, dan itu dilakukan di Kantor Distrik Kebo.

Ketika itu datang sekelompok orang merupakan aparat kampung dalam keadaan dipengaruhi minuman keras beralkohol.

Kedatangan mereka sambil membawa alat tajam ke Kantor Distrik Kebo, lalu melakukan pembakaran terhadap kantor distrik.

“Motif sementara pembakaran Kantor Distrik Kebo dilakukan karena para pelaku kecewa honor aparat kampung dan pembagian BLT di Kampung Kebo, 1 Distrik Kebo tidak dibayarkan sesuai dengan daftar, sehingga hal tersebut memicu terjadinya aksi pembakaran,” terang Kabid Humas.

Kini kasus pembakaran Kantor Distrik Kebo, kata Kamal, dalam proses penyelidikan dan penyidikan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Paniai.

Penyidik telah melakukan pemeriksaan awal terhadap dua orang saksi yaitu Kepala Distrik Kebo dan aparat distrik.

“Dari pemeriksaan terhadap dua orang saksi, penyidik telah mengantongi tiga nama yang melakukan pembakaran yakni, IG, MG dan DG,” ungkapnya.

Sebelumnya, terkait peristiwa ini, pihak dari TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai mengklaim bahwa mereka yang melakukan pembakaran terhadap bangunan kantor distrik, yang mereka sebut merupakan Kantor Distrik Paniai Utara di Distrik Kebo.

Klaim tersebut diamankan Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, berdasarkan laporan yang diterima dari Pangkodap XIII Kegepa Nipo Paniai, Mathius Gobay via telepon.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.