Politisi PSI Imbau Masyarakat Tetap Patuhi Prokes di PON XX

Reddy Wijaya

TIMIKA | Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Mimika, Reddy Wijaya mengajak masyarakat terus menerapkan protokol kesehatan (prokes) ditengah perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021, khususnya di Klaster Mimika.

“Di PON XX ini Mimika menjadi tuan rumah, karena ada 9 cabang olahraga (cabor) dengan berbagai disiplin keolahragaan dipertandingkan. Oleh itu, saya mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan),” kata Reddy yang juga anggota Fraksi Mimika Bangkit DPRD Mimika, Rabu (29/9/2021).

Kata dia, prokes ini perlu dijaga karena disaat perhelatan PON XX Papua ini masih berada di tengah pandemi Covid-19. Sehingga hal tersebut tidak boleh diabaikan.

“Boleh kita euforia dengan perhelatan PON XX Papua, tapi prokes harus tetap jalan. Terutama di venue-venue yang memiliki banyak penonton, seperti futsal dan lainnya,” tuturnya.

Kenapa di venue-venue yang banyak penontonnya, prokes harus diperketat. Kata Reddy, ini karena, kesiapan dari panitia, mulai PB PON sampai Sub PB PON Mimika sudah melakukan dengan baik. Sekarang tinggal dukungan dari masyarakat untuk bisa terlibat dalam penerapan prokes.

Apalagi, dalam perhelatan PON XX ini akan banyak tamu yang datang. Serta tentunya masyarakat juga akan jadi pendukung salah satu kontingen. Hal ini yang perlu menjadi perhatian semua pihak.

“Kalau pun jaga jarak tidak bisa dihindari, maka pemakaian masker merupakan upaya terakhir dalam menekan penyebaran Covid-19 di Mimika. Karenanya, pemakaian masker disetiap saat dan tempat harus terpasang dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang belum vaksin untuk segera melakukan vaksinasi. Apalagi sekarang ini pemerintah daerah yang bekerjasama dengan TNI-Polri telah membuka gerak-gerai vaksinasi.

“Dengan melakukan vaksin, maka kita semua ikut mendukung program dari pemerintah. Serta menjaga penyebaran kasus Covid-19 biar tidak meluas,” ujarnya.

Perlu diketahui, cabor PON XX yang dipertandingkan di Klaster Mimika meliputi, Cabor Futsal, Bola Tangan, Aerosport (terbang layang, aeromodelling, dan terjun payung), basket (basket 5×5 dan 3×3), atletik, panjat tebing, biliard, tarung derajat, dan judo.

reporter : Mujiono
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.