Polres Asmat: Langkah-langkah Preventif Terus Digiatkan Dalam Masa Pemilukada

APEL - Suasana apel usai Pengamanan Debat Publik di Agats. (Foto: Yonri Revolt/SP)
APEL | Suasana apel usai Pengamanan Debat Publik di Agats. (Foto: Yonri Revolt/SP)

AGATS | Kepolisian Resor Asmat, Provinsi Papua terus melakukan giat pengamanan, cipta kondisi, dan razia senjata tajam maupun minuman keras dalam masa tahapan pelaksanaan Pemilukada di daerah itu.

Usai giat Pengamanan Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Asmat, Senin (26/10), Wakapolres Asmat, Kompol Umar Sulaiman menuturkan bahwa hingga pada tahapan pemilukada yakni Debat Publik, pihaknya terus gencar lakukan tindakan preventif guna menciptakan suasana aman dan kondusif di Asmat.

“Langkah-langkah yang kita ambil berupa tindakan preventif, pengamanan tahapan kampanye, kemudian cipta kondisi, melakukan razia-razia senjata tajam maupun miras semata-mata untuk menciptakan agar suasana tetap aman dan kondusif sehingga suasana tahapan khususnya kampanye ini dapat berjalan lancar,” terang Umar.

Selain giat di lapangan, dikatakan Umar, pihaknya juga lakukan rapat-rapat koordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat termasuk tokoh agama dalam merangkul masyarakat agar sama-sama bekerja menjaga keamanan di Asmat, khususnya Agats sebagai Ibukota Kabupaten.

“Kedepan kita kan terus melakukan langkah-langkah preemtif dan preventif. Langkah-langkah preemtif, kita akan melakukan rapat-rapat koordinasi, cooffe morning, doa bersama termasuk agar semua elemen masyarakat dan tokoh agama juga ikut berpartisipasi menciptakan suasana yang kondusif sehingga tahapan pilkada terutama kampanye ini dapat selesai dan kita memasuki masa tenang maupun masa pungutan suara nanti,” ujar Umar.

Dalam pengamanan Pemilukada Asmat serta mengingat adanya pandemi Covid-19, Polres Asmat mendapat dukungan dari TNI, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan Asmat dan OPD lainnya dalam melakukan langkah-langkah penertiban dengan melakukan razia-razia di beberapa titik, di Kota Agats.

IKLAN-TENGAH-berita

“Disamping kita memberikan teguran, kita juga memberikan sosialisasi, kita memberikan masker agar masyarakat mau mematuhi protokol kesehatan,” tuturnya.

Diakui Umar, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi tekait PKPU Nomor 13 tentang pengaturan protokol kesehatan di dalam tahapan pemilu. Terkait hal ini, Polres Asmat juga sudah melakukan sosialisasi kepada masing-masing tim sukses pasangan calon bupati dan wakil bupati Asmat agar terus menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Itu juga kita sampaikan kepada tim-tim sukses maupun tim kampanye agar mereka bisa teruskan kepada massa maupun pendukung dari masing-masing pasangan calon,” tambahnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar