Polres Biak Numfor Modifikasi Kendaraan Dinas jadi Mobil Kopi Keliling, ini Fungsinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
FOTO BERSAMA | Jajaran Polres Biak Numfor berfoto bersama dengan pewakilan TNI, dan masyarakat di mobil kopi keliling. (Foto: Viona Sihasale)
FOTO BERSAMA | Jajaran Polres Biak Numfor berfoto bersama dengan pewakilan TNI, dan masyarakat di mobil kopi keliling. (Foto: Viona Sihasale)

BIAK | Polres Biak Numfor, Papua, memodifikasi kendaraan dinas mini bus menjadi mobil kopi keliling.

Bukan tanpa alasan, kendaraan ini sengaja dimodifikasi dijadikan mobil kopi keliling sebagai bagian dari program Colling Kamtibmas atau Coffee Keliling Keamanan Ketertiban Masyarakat.

Program ini pun diluncurkan oleh Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enoch, bersamaan dengan peresmian Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Balai Kampung Insrom, Distrik Biak Kota, Kamis (25/2/2021).

AKBP Andi menjelaskan, progam Colling Kamtibmas adalah salah satu inovasi yang dimiliki Polres Biak Numfor.

Dimana, dalam program ini personel kepolisian akan berkeliling dengan mobil kopi untuk menyambangi aktivitas masyarakat.

Personel kepolisian ini nantinya akan berdialog bersama masyarakat dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas sambil minum kopi bersama.

Tak hanya itu, namun juga dapat dijadikan sarana untuk membicarakan persoalan kamtibmas di tengah-tengah masyarakat agar dapat dicarikan solusi demi terciptanya kamtibmas yang aman dan damai.

“Kita modifikasi mobil kendaraan kita yang sudah ada. Kita modifikasi menjadi sarana kopi keliling. Jadi nanti kita akan hadir di beberapa tempat untuk bertemu langsung dengan masyarakat, apakah di pasar atau di pusat perbelanjaan atau di mana ada aktivitas masyarakat,” jelas Kapolres.

“Selain itu juga sebagai sarana untuk membantu masyarakat, persoalan-persoalan yang ada bisa kita fasilitasi untuk diselesaikan,” tambah mantan Kapolres Asmat ini.

Resmikan Posko PPKM

Pada kesempatan itu, Kapolres juga meresmikan Posko PPKM, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor khususnya di Kampung Insrom.

Kampung Insrom dipilih sebagai kampung percontohan untuk kampung lainnya.

“Kita resmikan Posko PPKM berbasis mikro ini sebagai salah satu program dari pemerintah yang harus kita laksanakan sampai di tingkat Desa, RT dan RW,” kata Kapolres.

Kapolres berharap, dengan adanya program PPKM ini dapat mencegah Covid-19 tidak menyebar lebih luas lagi di Kabupaten Biak Numfor.

Dengan program ini bukan berarti menghentikan kegiatan masyarakat, tetapi hanya membatasi kegiatan masyarakat yang tidak terlalu penting.

Waktu aktivitas masyarakat pun dibatasi dan harus mengikuti standar protokol Covid-19.

“Jadi hadirnya posko PPKM ini setidaknya bisa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk patuh melaksanakan protokol Covid-19. Di posko ini juga nanti ada teman-teman dari gugus tugas, tenaga kesehatan, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, aparat kampung. Aktivitas ekonomi masyarakat juga akan tetap berlangsung,” ujar Kapolres.

Sementara itu, Kepala Kampung Insrom Decky Sroyer memberikan apresiasi kepada Polres Biak Numfor yang telah meresmikan Posko PPKM dan juga me-launching Colling Kamtibmas di Kampung Insrom.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil Biak Kota, Kapolsek Biak Kota, Kasat Intel Polres Biak Numfor, Kasat Binmas Polres Biak Numfor, Kasat Sabara Polres Biak, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan, serta warga Kampung Insrom.

 

Reporter: Fiona Sihasale
Editor: Aditra
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti