Polres Mimika Bakal Gelar Operasi Patuh Cartenz 2024

Ilustrasi (Foto: Dok Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Polres Mimika, Papua Tengah akan menggelar operasi Patuh Cartenz 2024 pada 15 Juli 2024 mndatang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Mimika AKP Darwis usai Apel Gelar pasukan di Halaman Polres 32, Senin (8/7/2024).

AKP Darwis memgungkapkan, pelaksanaan Operasi Patuh Cartenz 2024 akan berlangsung selama 14 hari sejak 15 hingga 28 Juli 2024 yang bertujuan untuk menertibkan pengendara maupun pengemudi di Mimika.

“Pelaksanaan dimulai tanggal 15 Juli 2024 di ruas jalan yang ada di Timika,” katanya saat ditemui wartawan, Senin siang.

Operasi akan menyasar sebanyak tujuh prioritas target seperti, pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi yang masih dibawah umur, pengemudi kendaraan bermotor yang berboncengan lebih dari satu, pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI dan tidak menggunakan sabuk pengaman untuk mobil, pengemudi yang dalam pengaruh alkohol, dan pengendara atau pengemudi yang melawan arus.

“(Misalnya) seperti di Jalan Budi Utomo dan Jalan Cenderawasih masih banyak pengendara yang melawan arus, apalagi para ojek,” tegasnya.

“(Tapi) kalau Ojek ini kita kasih tindakan tegas, kita juga kasihan, kalau tidak ditindak juga membahayakan orang lain dan dirinya sendiri,” imbuhnya.

AKP Darwis menyebut dalam operasi ini pihaknya akan mengedepankan tindakan persuasif terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan tegas.

“Terkadang masyarakat tidak mempan, (kalau) hanya dengan omongan-omongan, (mereka) tidak menghiraukan, makanya kadang harus ada tindakan tegas,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan