Polres Mimika: ‘Quick Respon’ Penting Ciptakan Kamtibmas

ARAHAN | Kabag Ops Polres Mimika saat memberikan arahan kepada anggota Dalmas. (Foto: Muji/SP)
ARAHAN | Kabag Ops Polres Mimika saat memberikan arahan kepada anggota Dalmas. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Untuk menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kota Timika dan sekitarnya, Jajaran Polres Mimika, Papua terus melakukan upaya-upaya pencegahan, mulai dari patroli secara rutin sampai kepada ‘quick respon’ atau respon cepat terhadap laporan dari masyarakat.

Kabag Ops Polres Mimika AKP Dionisius VDP Helan mengatakan, upaya patroli dan quick respon sebagai bentuk tanggungjawab Polri memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Kami terus melakukan patroli, baik siang maupun malam,” kata Kabag Ops saat ditemui di bilangan Jalan Belibis, Kamis (19/11).

Kata dia, selain melakukan patroli, hal yang terpenting dan ini ditekankan kepada seluruh anggota adalah merespon kejadian dengan secepat mungkin.

Hal ini sudah menjadi atensi atau perhatian dari Kapolres, untuk merespon cepat setiap informasi atau laporan dari masyarakat.

“Kami sudah tekankan kepada seluruh anggota kepolisian, baik di jajaran Polres Mimika dan polsek-polsek untuk respon cepat terhadap semua kejadian dan laporan dari masyarakat,” katanya.

IKLAN-TENGAH-berita

Kenapa respon cepat itu penting, kata Kabag Ops, hal itu bertujuan untuk melakukan pencegahan agar masalah yang ada tidak meluas.

Selain itu, dengan kehadiran polisi disetiap kegiatan maupun situasi tertentu, masyarakat merasa aman dan nyaman.

Selain itu, dengan respon cepat ini, maka masyarakat diperhatikan bahwa polisi akan selalu hadir di tengah-tengah mereka.

“Tak henti-hentinya kami memberikan penekanan kepada anggota, untuk respon cepat,” ujarnya.

Meski demikian, Kabag Ops menuturkan, masalah kamtibmas bukan hanya menjadi tanggungjawab pihak kepolisian, namun juga dibutuhkan peran dan kerjasama semua pihak, mulai tokoh masyarakat, agama, stakeholder, tokoh Pemuda, dan semua elemen masyarakat.

“Dengan peran serta dan kerjasama seluruh komponen masyarakat, maka akan menciptakan kamtibmas yang kondusif. Kalau kamtibmas kondusif, maka aktifitas di Mimika menjadi lancar dan aman,” tuturnya.

Reporter: Mujiono
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar