Polres Mimika Sentuh Masyarakat Melalui Pelayanan Kesehatan di Kwamki Narama

PENGOBATAN | Petugas Polres Mimika dan Puskesmas Kwamki Narama menyongsong ke 76 HUT Bhayangkara tahun 2022, melaksanakan bakti kesehatan pengobatan massal di Kwamki Narama, Mimika, Papua, Sabtu (18/6/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
PENGOBATAN | Petugas Polres Mimika dan Puskesmas Kwamki Narama menyongsong ke 76 HUT Bhayangkara tahun 2022, melaksanakan bakti kesehatan pengobatan massal di Kwamki Narama, Mimika, Papua, Sabtu (18/6/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Polres Mimika, Papua, dalam menyongsong hari jadi Korps Bhayangkara yang ke-76 tahun 2022, mengadakan kegiatan bakti kesehatan pengobatan massal yang dilaksanakan di wilayah Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua, Sabtu (18/6/2022).

Kegiatan bakti kesehatan sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat di wilayah hukum Polres Mimika, dilaksanakan di halaman Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) Bethel Kwamki Narama guna mendukung Pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan yang layak dan merata bagi masyarakat.

Memanfaatkan momen bakar batu atau barapen oleh masyarakat Kwamki Narama, seraya mengamankan kegiatan, personel Polres Mimika sekaligus jemput bola, membuka tenda untuk mengadakan kegiatan bakti kesehatan pengobatan massal.

Dalam kegiatan itu antusias masyarakat cukup baik mengikuti pengobatan dan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Bahkan, ada warga dari luar wilayah Kwamki Narama ikut memeriksakan kondisi kesehatannya, salah satunya Mama Sabina (56), warga Kelurahan Timika Jaya.

Usai diperiksa oleh tim kesehatan dari Puskesmas Kwamki Narama dan Klinik Tribrata Polres Mimika, Mama Sabina ternyata menderita tekanan darah tinggi, lantaran sering mengalami sakit kepala.

Dokter kemudian bangun komunikasi dengan Mama Sabina, seraya menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan daging dan perbanyak makan sayuran. Setelahnya, Mama Sabina diberikan obat berbetuk tablet untuk dikonsumsi satu butir dalam sehari sebanyak tiga kali, pagi, siang dan malam.

Ditanya reporter Seputarpapua.com di lokasi kegiatan bakti kesehatan, Mama Sabina mengatakan bahwa tidak mengetahui menderita tekanan darah tinggi. Tujuan Ia mengunjungi Kwamki Narama lantaran ada kegiatan bakar baru atau barapen di Halaman Gereja GKII Bethel, sekaligus bersua dengan kerabat dan keluarga.

“Mama sudah dapat kasih obat dari Polisi dorang. Mama tidak boleh makan daging banyak, harus makan sayur-sayur. Ini tadi obat Mama harus minum kasih habis,” ujar mama Sabina.

Mama Sabina menanggapi positif kegiatan yang dilaksanakan Polres Mimika. Ia berharap kegiatan bakti kesehatan ini dapat merangkul dan mengajak masyarakat yang kerap malas-malasan berobat di pelayanan kesehatan menjadi mau mendatangi pelayanan kesehatan sekedar untuk memeriksa kesehatan maupun berobat.

“Terimakasih. Ini juga biar kita sehat. Mama ini sudah tua, jadi Mama harus rajin periksa kesehatan. Tadi  Pa Mantri bilang begitu,” katanya.

Mewakili Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Mimika yang juga penanggungjawab kegiatan bakti kesehatan Polres Mimika, Iptu Paulus Rande Ratu, mengatakan kegiatan yang berlangsung ini dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 76.

Tujuan dari kegiatan ini, kata dia, murni untuk membantu masyarakat yang mungkin saja malas-malasan berobat atau memeriksakan kesehatannya di pelayanan kesehatan, apalagi masyarakat asli Papua yang sudah berusia senja dan memiliki keterbatasan untuk mengunjungi pelayanan kesehatan.

“Kami dari Polres Mimika bersama Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas Kwamki Narama, bergandengtangan melaksanakan kegiatan ini. Target kami kalau bisa semaksimal mungkin, biar masyarakat lebih banyak. Jadi, kita memang perkirakan kurang lebih 200 pasien yang berobat hari ini,” kata Iptu Paulus.

Kegiatan ini bukan spontan dilakukan, melainkan sebelumnya Polres Mimika melalui personel yang bertugas di Polsek Kwamki Narama telah mendeteksi kondisi kesehatan masyarakat, sehingga untuk sasaran kegiatan bakti kesehatan kali ini dilakukan di Distrik Kwamki Narama.

“Sesuai dengan informasi dari teman-teman kita yang bertugas di Polsek Kwamki Narama, masyarakat memang mungkin karena kegiatan yang padat, apalagi mungkin kurang lebih satu minggu mereka mempersiapkan kegiatan ini (bakar batu), karena mungkin kurang istirahat, banyak yang mengalami batuk dan pilek,” ungkap Iptu Paulus.

Kegiatan yang dilaksanakan Polres Mimika menyongsong HUT Bhayangkara ke 76, tidak hanya baru-baru ini saja dilakukan. Sebelumnya juga telah dilaksanakan kegiatan donor darah yang berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan RSUD Mimika. Bahkan, masih banyak lagi kegiatan sosial kemanusiaan lainnya yang akan dilaksanakan dalam menyongsong HUT Bhayangkara.

 

reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.