Polsek Kuala Kencana Mediasi Masyarakat Iwaka dan Manajemen PT PAL

MEDIASI | Proses mediasi yang dilakukan oleh Polsek Kuala Kencana antara masyarakat Iwaka dan Manajemen PT PAL. (Foto: Ist/SP)
MEDIASI | Proses mediasi yang dilakukan oleh Polsek Kuala Kencana antara masyarakat Iwaka dan Manajemen PT PAL. (Foto: Ist/SP)

TIMIKA | Beberapa jam setelah resmi menjabat sebagai Kapolsek Kuala Kencana, Timika, Papua Iptu Y. Sera Ayatanoi langsung memediasi persoalan antara masyarakat Iwaka dan PT. Pusaka Agro Lestari (PAL).

Proses mediasi dilaksanakan di Polsek Kuala Kencana yang dihadiri manajemen PT PAL dan pemerintahan kampung setempat Selasa (30/6).

Iptu Y. Sera mengatakan, masyarakat pemilik hak ulayat berencana melakukan demo damai karena PT PAL dinilai telah melanggar sejumlah perjanjian yang telah disepakati bersama.

“Masyarakat Iwaka telah menyampaikan pemberitahuan ke Kapolres Mimika secara tertulis terkait dengan aksi demo ini. Untuk itu, kami panggil untuk mediasi agar persoalan ini biar cepat selesai tanpa harus melakukan aksi demo,” jelas Iptu Sera.

Sayangnya, lanjut dia, masyarakat Iwaka yang menyampaikan surat pemberitahuan untuk melakukan aksi demo tidak hadir dalam mediasi ini.

Iptu Sera mengungkapkan beberapa point yang diinginkan masyarakat Iwaka antara lain, meminta General Manager PT PAL Amirudin Abu Suid dicopot karena dinilai gagal menjalankan roda perusahaan.

“Namun masyarakat Iwaka juga meminta sebelum Pak Amirudin dicopot, perusahaan diminta untuk segera memenuhi janji-janji yang sudah disampaikan dalam surat perjanjian,” ujarnya.

Iptu Sera meminta manajemen PT PAL segera berkomunikasi dengan masyarakat Iwaka agar persoalan ini cepat selesai.

“Saya minta permasalahan PT PAL ini diselesaikan dengan mediasi, tanpa melibatkan banyak orang. Dalam arti, yang duduk di mediasi orang-orang yang berkompeten, baik dari perusahaan maupun masyarakat,” tuturnya.

Reporter : Mujiono
Editor : Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar