seputarpapua.com

PON XX, 21.338 orang akan Datang ke Papua, Tersebar di Semua Klaster

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Wakil Ketua 1 KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Wakil Ketua 1 KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Suwarno. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi Papua sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XX menetapkan kouta atlet sebanyak 6.484 orang.

“6484 itu sudah finish, itu maksimal atlet yang datang ke Papua dari semua klaster. Kalau kurang mungkin terjadi, kalau lebih tidak mungkin dan tidak bisa. Mereka (atlet) akan bertanding pada 56 disiplin, 679 nomor perlombaan yang pertandingkan 37 cabor,” kata Ketua Panitia Pengawas dan Pengarah PON XX Papua sekaligus Wakil Ketua I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno, Sabtu (20/2/2021).

Dijelaskan, meski masih diberikan waktu longlist bagi cabang olahraga tetap sesuai dengan kuota atlet yang diputuskan bersama melalui teknikal delegate dalam penyusunan teknikal handbook (THB).

“Longlist itu masih diberikan bagi tambahan masing-masing cabor yang harapannya adalah apabila ada persiapan yang diganti akan diambilkan dari list itu. Tapi keberangkatannya kesini (Papua) berdasarkan dan sesuai jumlah kuota dan tidak akan berubah,” ungkapnya.

“Total peserta dan perangkat pertandingan PON yang hadir ke Papua diperkirakan ada 21.338 orang tersebar berdasarakan cabor di kluster PON, Mimika, Merauke, Kota dan Kabupaten Jayapura,” tuturnya Olof Monim Perwakilan Bidang Pertandingan PB PON Papua.

Ditambahkan Olof, kluster Kota Jayapura mempertandingkan 15 cabang olahraga dengan 21 nomor disiplin, Kluster Kabupaten Jayapura akan mempertadingkan 14 cabor dengan 22 nomor disiplin.

“Kalau Mimika itu 9 cabor dan 12 nomor disiplin, sedangkan kluster Merauke ada 6 cabor dengan 6 nomor disiplin. Itu semuanya belum termasuk jumlah peserta dari TNI/POLRI, volunteer, wartawan, extra official dan LO bidang-bidang PB PON,” pungkasnya.

 

Reporter: Vidi
Editor: Misba
Berita Terkait
Baca Juga