Porkab II Jayapura Diikuti 1473 Atlet, Perebutkan 788 Medali

Porkab II Jayapura
Asisten III Provinsi Papua, Derek Hagemut dan Bupati Kabupaten Jayapura Matius Awaitouw membuka kehiatan Porkab II Jayapura. Foto: Vidi/Seputarpapua

JAYAPURA | Gubernur Lukas Enembe diwakili Asisten III Papua, Derek Hagemur membuka resmi pelaksanaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Kabupaten Jayapura tahun 2022 di Stadion Barnabas Youwe, Minggu (10/7/2022), Sentani Kota, Kabupaten Jayapuraa.

Multi iven itu digelar pada 10-18 Juli 2022, diikuti 2.127 terdiri dari 1.472 atlet dari 19 kontingen berasal dari tiap distrik di daerah yang dijuluki kenambay umbay, dan 655 orang panitia pelaksana pertandingan.

19 kontingen dari tiap distrik akan memperebutkan 788 keping medali pada 17 cabang olahraga yang dipertandingkan.

“Kita mengapresiasi Porkab ini, diharapkan Porkab bisa sukses penyelenggara, prestasi, administrasi dan pemberdayaan masyarakat, seperti PON XX dan Peparnas XVI tahun 2021 lalu,” kata Derek Hagemur.

Lanjut Derek, Porkab II Jayapura harus menjadi bagian penting dalam mendukung Papua sebagai Provinsi Olahraga.

“Papua dikenal dibidang olahraga, kita memiliki nama besar di berbagai olahraga, dan Kabupaten Jayapura salah satu daerah penyumbang atlet terbanyak di iven Nasional dan Internasional. Dan karena itu Porkab harus jadi bagian dukungan Papua sebagai Provinsi olahraga yang dicanangkan Gubernur Papua,” harapnya.

Matius Awaitouw selaku Ketua KONI Kabupaten Jayapura mengatakan daerahnya menjadi salah satu kabupaten yang memiliki potensi dan bakat alam.

Sehingga Porkab ini ajang menjaring atlet alam potensial menuju Pekan Olahraga Provinsi (Popprov) November dan PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024 mendatang.

“Ajang ini harus kita lestarikan untuk persiapkan atlet muda terbaik dari kabupaten Jayapura untuk Provinsi Papua, tapi juga Indonesia. Mari kita bahu-membahu untuk bangkitkan prestasi olahraga,” kata Matius Awaitouw yang juga Bupati Jayapura.

“Saya sangat apresiasi kepada semua kontingen dari tiap distrik untuk ikut dalam iven ini karena kita persiapkan diri untuk PON Aceh-Sumut. Saya yakin dari atlet-atlet ini akan mewakili Provinsi Papua.

Bukan hanya bertanding di iven Nasional, tapi iven Internasional dan dunia. Supaya dari kabupaten Jayapura, kita bisa Berjaya dan harumkan nama Papua, serta bangsa Indonesia,” tambahnya.

Sementara Ketua panitia Porkab II Rudy Bukanaung, mengungkapkan iven ini digelar menelan anggaran Rp9,350 miliar.

Dimana Porkab ini mempertandingkan 62 nomor pertandingan, dari 17 cabor yakni, renang, atletik, panahan, bulutangkis, bola basket, tinju, sepakbola, futsal, dayung, tenis meja, bola voli, catur, sepatu roda, karate, kempo, pencak silat dan rugby.

reporter : Vidi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.