Pos Peduli Keamanan Polres Mimika Diharapkan Jadi Role Model di Tanah Air

SAMBUT | Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Sudarto disambut anak-anak di Taman Baca Kwamki Narama, Kamis (10/6/2021). (Foto: Yonri/Seputarpapua)
SAMBUT | Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Sudarto disambut anak-anak di Taman Baca Kwamki Narama, Kamis (10/6/2021). (Foto: Yonri/Seputarpapua)

TIMIKA | Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto mengapresiasi kinerja Polres Mimika melalui program sistem keamanan berbasis masyarakat.

“Program-program Peka bahkan kita mau adopsi di seluruh jajaran Polda Papua. Harus mengambil model dari sini. Model dari Timika,” tegas Eko saat dijumpai di Kwamki Narama, Timika, Papua pada Kamis (10/6/2021).

Disebutkan Eko, Pos Peduli Keamanan (Peka) yang dijalankan dalam bentuk Pos Kamling yang terhubung langsung dengan jajaran Polres Mimika melalui Bhabinkamtibmas adalah sarana menjaga keamanan sekaligus mempererat kekeluargaan di lingkungan.

“Paguyuban, ketertiban dan keamanan yang dibangun berdasarkan kebersamaan, cita-cita bersama. Ingin suasana di lingkungannya aman. Konsep Peka ini bisa diadopsi ke seluruh Papua,” terangnya.

Bukan hanya di Papua, Eko juga berharap program ini selain diadopsi juga dapat dijadikan role model (teladan) dan ikon dalam menjaga keamanan di seluruh lingkungan masyarakat se-Indonesia.

“Dan mudah-mudahan itu menjadi ikon ke seluruh Tanah air. Role model Peka ini menjadi rancang bangun bagaimana menciptakan Community Policing atau pemolisian berbasis masyarakat,” pungkasnya.

reporter : Yonri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.