Prajurit Lanal Timika Uji Terampil Gladi Tugas Tempur P1 dan P2

Prajurit Lanal Timika saat mengikuti uji menembak dalam kegiatan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 oleh Tim Kolat Koarmada III, Selasa (8/11/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Prajurit Lanal Timika saat mengikuti uji menembak dalam kegiatan uji terampil Glagaspur P1 dan P2 oleh Tim Kolat Koarmada III, Selasa (8/11/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Komando Latihan (Kolat) Koarmada III melakukan uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan tingkat 1 dan 2 (P1 dan P2) terhadap Prajurit di Lanal Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang berlangsung 2 hari, mulai Senin 7 November 2022 hingga hari ini, Selasa (8/11/2022).

Tim uji terampil dipimpin langsung Komandan Kolat (Dankolat) Koarmada III, Kolonel Laut (P) Yosafat Indarto yang merupakan mantan Komandan Lanal (Danlanal) Timika di tahun 2016-2018.

Setelah berlangsung selama 2 hari mulai dari uji tulis hingga latihan pertahanan pangkalan dalam menghadapi serangan musuh, seluruh uji terampil dilaksanakan dengan lancar dan zero accident.

Panglima Koarmada III, Laksda TNI Irvansyah dalam sambutannya yang dibacakan Dankolat Koarmada III pada acara penutupan kegiatan ini, menyampaikan bahwa kegiatan uji terampil glagaspur P1 dan P2 adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan para prajurit dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai fungsi pangkalan.

Kemudian, juga bertujuan agar terjalin komunikasi serta kerjasama yang baik antara prajurit dalam mendukung operasi atau tugas pangkalan lainnya.

“Dengan kegiatan mulai dari uji tulis, pengecekan software-hardware, drill-drill peran dan pos tempur, purba jaga sampai dengan latihan pertahanan pangkalan, Alhamdulillah semua dapat berjalan dengan aman, lancar, tanpa ada kendala dan terlaksana sesuai dengan yang direncanakan,” kata Panglima Koarmada III dalam sambutannya.

Laksda TNI Irvansyah juga mengatakan bahwa kegiatan uji terampil glagaspur ini mutlak diperlukan, mengingat perubahan lingkungan yang sangat dinamis saat ini yang tentunya berpengaruh terhadap perubahan bentuk penanganan permasalahan yang muncul di medan tugas. Yangmana kecepatan dan ketepatan didalam menangani segala permasalahan di lapangan harus berdasarkan dengan standard operation procedure (SOP).

“Setelah saya menerima laporan dari Dankolat Koarmada III terhadap jalannya kegiatan uji terampil ini, saya melihat seluruh peserta telah melaksanakan uji terampil dengan penuh tanggungjawab dan semangat yang tinggi dalam mengaplikasikan seluruh kemampuannya,” katanya.

Salah satu yang menandai kesuksesan tersebut, kata Panglima Koarmada III, adalah keberhasilan peserta uji terampil dalam mengerjakan dan melaksanakan perintah tim penguji dalam menjawab persoalan-persoalan yang diberikan, serta mampu melaksanakan kegiatan uji terampil sampai selesai, dan zero accident dapat terwujud.

Pada kesempatan ini, Panglima Koarmada III mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta uji terampil dan penyelenggara atas terlaksananya uji terampil glagaspur ini yang berjalan sesuai rencana.

Ia juga berpesan kepada seluruh prajurit di Lanal Timika untuk melaksanakan analisa dan evaluasi tentang kekurangan-kekurangan yang terjadi selama kegiatan uji terampil.

“Dan laksanakan perbaikan dengan melaksanakan latihan secara terus menerus, sehingga peningkatan keterampilan atau profesionalisme personel dapat terwujud,” pungkasnya.

Sementara itu, Danlanal Timika Letkol Laut (P) Apriles Lusien S, M.Han., M.Tr. Opsla juga menyampaikan bahwa uji terampil glagaspur P1 dan P2 merupakan sarana untuk mendapatkan gambaran dari hasil pembinaan pangkalan secara terpadu, bertingkat dan berlanjut yang meliputi latihan teori dan praktik keterampilan, baik kelompok maupun perorangan dalam pencapaian tugas dan fungsi pangkalan.

“Dengan dilaksanakannya uji terampil pangkalan, akan diketahui sampai dimana kemampuan dan profesionalisme prajurit Lanal Timika, serta keberhasilan latihan yang telah dilaksanakan selama ini,” kata Danlanal.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.