Presiden Jokowi Direncanakan Buka Pekan Kebudayaan Nasional 2021

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Presiden Jokwo Widodo (Jokowi) direncanakan akan membuka Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021, yang dilaksanakan, pada Jumat (19/11/2021) pukul 19.00 WIB atau 22.00 WIT.

PKN tahun ini dilaksanakan kembali secara virtual, karena mengingat pandemi Covid-19 belum usai.

Meskipun demikian tidak menyurutkan para pelaku seni, budaya, artis untuk menjadi bagian di kegiatan di PKN.

Selain budayawan, aktor film, sutradara, pelaku seni, dan seniman yang tampil, ada pula sederetan musisi band dan penyanyi ternama kegiatan akbar setahun sekali itu.

Sebut saja group band Slank, Godbless, Fourtwnty, Kikan,Reza Artamevia, Memes, Titi DJ, Intan Soekotjo, Mahalini, Shine of Black, Jason Ranti, Vicky Sianipar, Endah dan Rhesa dan banyak lagi yang tampil di PKN.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menjelaskan, berbagai kegiatan telah dipersiapkan di PKN 2021, yang dimulai 19 November hingga 26 November 2021 nanti mengangkat tema “Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan”, khususnya yang berkaitan dengan kehebatan kearifan lokal pada sandang, pangan dan papan.

“Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program yang berupa Kompetisi, Konferensi dan Lokakarya, Pameran, Pergelaran, dan Pekan Kebudayaan Daerah,” tegas Hilmar melalui siaran pers yang diterima seputarpapua.com, Jumat.

Kata Hilmar bahwa PKN tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kegiatan PKN dari setiap tahunnya memberikan terobosan yang menarik, meskipun di tengah-tengah Covid-19.

“PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung. Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial kebudayaan,’ tegas Hilmar.

Harapannya PKN yang fokus terhadap kearifan lokal sebagai ketahanan budaya bisa menjadikan tayangan edukatif tentang kecemerlangan budaya Nusantara. Serta menjadi referensi bagi generasi bangsa, tentang kehebatan keragaman budaya Nusantara. Tentunya dengan kemasan berbeda dari tahun sebelumnya.

“Karena di Indonesia saat ini masih dalam kondisi Pandemi COVID-19, maka seluruh produksi sepenuhnya dilakukan secara daring, tanpa mengubah substansi konten dari konsep kuratorial,” lanjut Hilmar.

Dalam kegiatan PKN tahun ini telah ditunjuk beberapa dewan kurator dalam PKN 2021, yakni Samuel Wattimena untuk sektor sandang, Helianti Hilman di sektor pangan, dan Gregorius Antar Awal di sektor papan.

Salain itu PKN melibatkan insan-insan kreatif dalam tayangannya, Riri Reza, Pritagita, Hanung Bramantyo, Jay Subyakto, lasja Susatyo, Ismael Basbeth, Eugene Panji, Robby ertanto, Buyungreza, Adrianto Sinaga, Leon Lolang, Richard Buntario, Raymond Ahari.

Disisi lain kegiatan yang sudah dipersiapkan, lanjut Hilmar yakni kearifan lokal di Sumba Timur, yaitu daerah dengan kekayaan kearifan lokal dan tradisi budaya yang luar biasa.

“Beberapa kegiatan Sudah kita abadikan untuk disajikan dengan kemasan yang sangat menarik. Melibatkan berbagai stakeholder kebudayaan sesuai dengan tema ” Cerlang Nusantara”,” kata Hilmar.

“Pastinya kegiatan tersebut dikemas dengan cara kekinian. Tradisional bertemu teknologi, untuk Sumba Timur disutradarai oleh Buyung Reza, potensi budaya dikemas apik sbg bagian dari pergelaran Pekan Kebudayaan Nasional yang akan dilaksanakan pada 19-26 November 2021 secara daring di website www.PKN.id pada 19-26 November 2021” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *