Presiden Jokowi: Papua Football Academy 100 Persen Didukung Freeport

Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutannya dalam acara silaturahmi bersama karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua Tengah, Rabu (31/8/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutannya dalam acara silaturahmi bersama karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Papua Tengah, Rabu (31/8/2022). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Presiden Joko Widodo menyebut anggaran Papua Football Academy (PFA) 100 persen didukung PT Freeport Indonesia.

Jokowi dalam sambutannya saat bersilaturhami dengan karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Mimika, Rabu (31/8/2022) mengatakan, PFA terbentuk setelah pada bulan September 2021 Ia memanggail Presdir PT Freeport Indonesia, Tony Wenas terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) khusus dibidang olahraga.

Presiden juga meminta PT Freeport menghadirkan pelatih terbaik dari luar negeri untuk mendidik anak-anak Papua agar memiliki talenta yang mampuni.

“Ini juga agar stadion yang sudah dibangun di Jayapura dan di sini (Timika) dengan megah dapat difungsikan,” kata Presiden Jokowi.

Pada Rabu pagi, Presiden Jokowi secara resmi meluncurkan Papua Football Academy (PFA) di Stadion Lukas Enembe, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Peresmian itu ditandai penabuhan tifa didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, Bahlil Lahadalia dan sejumlah mantan pemain timnas Indonesia Rully Nere.

“Di tanah Papua ini, saya minta agar fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON ini bisa terawat dengan baik, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola dan hari ini sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” katanya.

“Tanah Papua telah melahirkan talenta-talenta yang berbakat seperti Rully Nere, Timo Kapisa, Boaz Solossa, Aples Tecuari, Ramai Rumakiek dan Ricky Kambuaya,” imbuhnya.

Presiden Jokowi harapkan akademi Papua sepakbola ini dapat melahirkan talenta berbakat pemain sepakbola.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.