Presiden Jokowi Sumbang Sapi Seberat 810 Kg untuk Kurban Idhul Adha

Tampak sapi berjenis simental dengan bobot 800 kilogram tiba di Masjid Jami Al Fatah Abepantai. (Foto: Fnd/SP)
Tampak sapi berjenis simental dengan bobot 800 kilogram tiba di Masjid Jami Al Fatah Abepantai. (Foto: Fnd/SP)

JAYAPURA | Menjelang Idhul Adha 1441 Hijriah yang jatuh pada 31 Juli besok, Presiden Joko Widodo menyumbang satu ekor sapi kurban seberat 810 kilogram untuk Masjid Jami Al Fatah Abepantai, Kota Jayapura, Papua.

Sapi berjenis simental dengan bobot 810 kilogram ini dibeli dari salah satu peternak sapi bernama Sunarto di wilayah Arso, Kabupaten Keerom dengan harga Rp 49 juta.

Sapi ini sudah diperiksa oleh Dinas Peternakan Provinsi Papua dan dinyatakan layak menjadi hewan kurban.

Ketua Pengurus Masjid Jami Al Fatah Abepantai, La Mochtar Unu Wally, mengaku, senang dan berterima kasih karena ini pertama kalinya mereka menerima bantuan dari Presiden Joko Widodo.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT karena dari sekian banyak masjid yang ada di Kota Jayapura, kami lah yang terpilih untuk mendapat bantuan dari presiden. Ini sangat berarti bagi kami karena ini adalah kali pertama kami menerima bantuan dari Presiden Republik Indonesia,” katanya saat ditemuai wartawan di halaman Masjid Jami Al Fatah Abepantai, Kota Jayapura, Kamis (30/7).

Mochtar menjelaskan, penyembelihan hewan kurban di Masjid Jami Al Fatah Abepantai akan dilakukan pada Sabtu pagi mengingat Idhul Adha jatuh pada hari Jumat dan waktunya terbatas karena bertepatan dengan shalat Jumat.

“Idhul Adha jatuh pada Jumat dan itu mepet sekali karena bertepatan dengan shalat Jumat sehingga waktunya pendek. Oleh karena itu kami berencana untuk melakukan penyembelihan hewan kurban itu dilakukan pada Sabtu pagi sehingga waktu yang kita miliki lebih banyak,” jelasnya.

Dikatakan, daging kurban akan dibagikan kepada 450 Kepala Keluarga yang berada di wilayah Abepantai.

“Kami sudah melakukan pendataan dan kurang lebih ada 450 Kepala Keluarga (KK) di Abepantai ini yang akan mendapat hewan kurban. Kami juga akan utamakan fakir miskin, duafa dan mualaf,” ungkapnya.

Selain bantuan sapi kurban dari presiden, Masjid Jami Al Fatah Abepantai juga menyediakan 8 ekor sapi yang akan dikurbankan pada Idhul Adha tahun ini.

 

Reporter: Fnd
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar