Program Kampung YPMAK, Pokja Kampung Kiura Fokus Membangun Kampung

Tim Divisi Ekonomi YPMAK foto bersama dengan pengurus Pokja Kampung Kiura. (Foto: Humas YPMAK)
Tim Divisi Ekonomi YPMAK foto bersama dengan pengurus Pokja Kampung Kiura. (Foto: Humas YPMAK)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Kampung Kiura, Distrik Mimika Tengah, Provinsi Papua Tengah berkomitmen dan fokus membangun kampung.

Komitmen ini disampaikan pengurus Pokja Kampung Kiura, saat kegiatan turun kampung (Turkam) yang dilakukan Divisi Ekonomi Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) untuk membentuk pengurus Pokja tahun 2024, pada Minggu (9/6/2024) kemarin.

Pokja Kampung sendiri dibentuk untuk melaksanakan program kampung, yang merupakan Program Kampung YPMAK pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia.

Program Kampung YPMAK sendiri bertujuan untuk memberikan tambahan penghasilan kepada masyarakat, sehingga perekonomian masyarakat di kampung meningkat.

Selain itu, Program Kampung sendiri memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk bekerja. Dalam arti, masyarakat harus menjadi subyek (pelaku) bukan obyek atau penonton.

Program Kampung untuk di wilayah pesisir diberikan anggaran sebesar Rp300 juta. Anggaran tersebut sudah termasuk operasional pengurus

Seperti di Kampung Kiura, Program Kampung yang dijalankan berupa pembuatan dua unit rumah warga. Pembuatan rumah merupakan kesepakatan masyarakat dan dikerjakan secara bersama. Hal ini sebagai bentuk prinsip dari Program Kampung yang memberdayakan masyarakat kampung.

“Untuk pelaksanaan Program Kampung ini, anggaran yang ada, dikelola tidak boleh ke tangan orang lain diluar kampung. Dan masyarakat harus bisa buktikan bahwa bisa mengerjakan semua program sendiri untuk membangun kampung,” tuturnya.

Sementara Kaur Pemerintahan Kampung Kiura, Dedi Rinto Amuniyu mengatakan, anggaran Program Kampung sudah dijalankan dengan baik. Walaupun ada beberapa hal yang harus dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan.

“Kami selaku pemerintah kampung, pastinya akan turun tangan apabila ada hal-hal yang kurang baik. Oleh karena itu, kami harapkan untuk pengurus Pokja Kampung Kiura agar bekerja dengan baik. Karena semua ini untuk mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan Staf Divisi Ekonomi YPMAK, Dwi Iksan Kanang mengatakan, kedatangan kita ke Kampung Kiura ini untuk melakukan pembentukan Pokja tahun 2024. Hal ini dikarenakan, pengurus Pokja Kampung tahun 2023 sudah habis masanya.

“Jadi kami kesini untuk membentuk pengurus Pokja Kampung tahun 2024. Pemilihannya sendiri dilakukan oleh masyarakat, bukan dari YPMAK,” ujarnya.

Advertisements

Dari hasil pembentukan Pokja Kampung tahun 2024 di Kampung Kiura, yakni Ketua dijabat Yakobus Yarpaga, Sekretaris dijabat Emanuel Weakero, Bendahara dijabat Daniel Sikora, anggota Sisilia Waminiyu dan Paulinus Amuniyu.

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan