PT. Karya Bella Vita Kelola Perkebunan Kelapa Sawit di Mimika

Pengeluaran Pemerintah Melalui e-Plening, Wabup Minta Masyarakat Hentikan Proposal Dadakan
Wabup Mimika Johannes Rettob

TIMIKA | Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob, menghadiri kegiatan presentasi terkait pengambilalihan PT. Pusaka Argo Lestasi (PAL) yang sebelumnya mengelola perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Mimika.

Presentasi dilakukan oleh PT. Karya Bella Vita selaku perusahaan perkebunan sawit sekaligus pemenang lelang area Hak Pengusaha Hutan (HPH) PT. PAL. Kegiatan ini difasilitasi oleh DPMPTSP di Hotel Horison Diana, Senin (26/9/2022).

Dalam sambutannya Plt Bupati menyampaikan sejumlah hal yang berkaitan dengan rencana investasi ini, salah satunya adalah terkait tanggung jawab PT. Karya Bella Vita dalam menyelesaikan semua tanggungan dan melakukan seluruh prosedur yang semestinya.

Ditekankan juga tujuan PT. Karya Bella Vita di Kabupaten Mimika ini adalah investasi perkebunan sawit jangan melakukan pengambilan kayu seperti yang dilakukan perusahaan sebelumnya. “Kami akan cek lagi, jangan sampai tidak sesuai dengan ijin yang maksudkan,” jelas John, sapaan karibnya dikutip dari mimikakab.go.id.

Selain itu terkait karyawan yang bekerja agar diatur dan dibicarakan dengan baik, diselesaikan administrasinya sesuai dengan aturan-aturan. “Jangan sampai ada masalah lagi kedepannya. Diharapkan juga agar memperhatikan dan menggunakan SDM lokal jangan lagi bawa SDM dari luar,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan untuk memperhatikan Amdal secara keseluruhan yang terkait dengan perkebunan kelapa sawit sebelumnya apakah sudah ada pembangunan pabrik didalamnya atau dibuat secara tersendiri.

“Perkebunan kelapa sawit ini sebenarnya membawa efek yang baik dan kurang baik. Karena Mimika adalah daerah delta jadi kelapa sawit ini dapat menyebabkan banjir karena dia serap air dan timbul penangkalan dimana-mana. Kita berharap usaha-usaha ini dapat memberikan kebaikan dan kesejahteraan kepada masyarakat, jangan buat kesengsaraan pada masyarakat,” ucap Johannes.

Menutup sambutannya Wakil Bupati Mimika berharap PT. Karya Bella Vita dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan agar perusahaan bisa mengurus hal-hal non teknis dalam proses menjalankan usaha ini. Begitu juga dengan penempatan kantor di Mimika agar diinfokan dengan jelas alamat kantor dan kontak yang bisa dihubungi.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.