Pulau Papua Miliki Keanekaragaman Tumbuhan Terkaya di Dunia

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Data terbaru menyatakan Pulau Papua atau New Guinea memiliki keanekaragaman tumbuhan tertinggi dari beberapa Pulau di Dunia.

Sesuai dengan rilis yang diterima Seputarpapua.com, Jumat (7/8) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balibangda) Provinsi Papua Barat disebutkan, data tersebut tertera setelah adanya kolaborasi global yang unik Balitbangda Provinsi Papua Barat dan Universitas Papua bersama para ahli dari 19 negara untuk pertama kali merangkum data dan membuat daftar semua spesies tumbuhan di Pulau Papua.

Para Ahli menemukan bahwa pulau tropis terbesar di dunia ini, memiliki 16 persen keanekaragaman tumbuhan lebih banyak dari pada Madagascar sebagai Pusat Keanakaragaman Hayati, dengan lebih dari 13.000 spesies.

Para Ilmuwan berharap dengan data terbaru ini akan membantu percepatan penelitian keanekaragaman tumbuhan, sebagai informasi dasar bagi kebijakan dan perencanaan pelestarian dan konservasi sumber daya alam serta mendukung kebijakan pembangunan berkelanjutan di Tanah Papua, khususnya di Provinsi Papua Barat.

Merupakan hasil kerja gabungan dari 99 ahli Botani dari 56 institusi di 19 negara, ini merupakan upaya pertama yang luar biasa untuk mendokumentasikan keanekaragaman tumbuhan secara luas.

Para penulis dari berbagai institusi termasuk Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Papua Barat dan Fakultas Kehutanan Universitas Papua, Royal Botanic Gardens Kew, Natural History Museum, Royal Botanic Gardens Edinburgh, University of Technology Papua New Guinea dan lainnya, menemukan ada 13.634 spesies tumbuhan dari 1742 genus dan 264 famili, memposisikan Pulau Papua sebagai pulau dengan keanekaragaman tumbuhan terkaya di dunia.

IKLAN-TENGAH-berita

Data ini menunjukkan bahwa Papua memiliki lebih banyak dari Madagascar yang telah diketahui sebagai pusat keanekaragaman hayati (16 persen), yang tercatat memiliki 11.488 spesies. Dari data tersebut, para ilmuwan menemukan 68 persen (9.301) merupakan spesies tumbuhan endemik di Pulau Papua, artinya lebih dari dua pertiga dari tumbuhan tersebut tidak ditemukan di tempat lain.

Hal ini menjadikan Pulau Papua sebagai satu-satunya kepulauan di Asia Tenggara yang memiliki spesies endemik dari pada yang non-endemik dan tidak tersaingi di Asia Tropis.

Prev1 of 3

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar