Puluhan Prajurit TNI AD Dipersiapkan untuk Dua Kodim di Papua

Brigjen TNI Bangun Nawoko (Foto: Muji/SP)
Brigjen TNI Bangun Nawoko (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Markas Besar (Mabes) TNI AD melalui Kodam XVII Cenderawasih tengah mempersiapkan puluhan prajurit guna menempati dua Markas Komando Distrik Militer (Makodim) yang sudah dipersiapkan.

Komandan Resort Militer (Danrem) 174 ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko mengatakan, untuk meningkatkan pelaksanaan tugas teritorial, Mabes TNI AD melalui Kodam XVII Cenderawasih menambah dua kodim, yakni Kodim Asmat dan Kodim Mappi.

“Persiapan dua kodim itu sudah satu tahun lalu. Dan kami sudah dikirim para prajurit TNI AD yang berasal dari seluruh Indonesia, untuk menempati dua kodim baru ini,” kata Danrem saat ditemui di Mako Polres Mimika, Rabu (1/7).

Puluhan prajurit TNI AD yang berasal dari seluruh Indonesia itu, saat ini tengah dilakukan pembekalan di Rindam Jayapura, selama kurang lebih tiga minggu.

Pembekalan kepada prajurit ini menyangkut pengenalan budaya setempat, tugas-tugas apa yang akan dijalankan, dan termasuk tentang penyiapan dua kodim baru ini.

“Kalau sudah, maka mereka akan digeser ke kodim-kodim sesuai surat perintah penugasan,” katanya.

Kata dia, dua kodim yang ditambah ini memiliki tipe sama dengan lainnya. Dimana nantinya akan dipimpin oleh seorang Letnan Kolonel (Letkol). Namun, jumlah personel yang mengawaki atau bertugas di kodim baru ini tidak sepenuh seperti lainnya.

Diharapkan dengan adanya dua kodim baru ini, memperkuat dan lebih mengoptimalkan tugas tertorial yang diemban.

“Karena ini baru persiapan, maka belum penuh sesuai kekuatan kodim. Sehingga yang dipersiapkan kurang lebih 30-50 prajurit,” terangnya.

 

Reporter: Mujiono
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar