Puncak Jaya, Kabupaten Pertama di Indonesia yang Berlakukan “Lockdown” Cegah Covid-19

Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda
Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda

JAYAPURA | Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, Papua, resmi memberlakukan status ‘lockdown’ untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona atau Covid-19 yang sudah menjadi pandemik global oleh badan kesehatan dunia WHO.

Status ‘lockdown’ ini diambil setelah Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar rapat lintas sektoral pencegahan dan penanganan wabah Covid -19 di Aula Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (19/3) siang.

Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda, mengungkapkan, demi mencegah penyebaran wabah covid-19, maka mulai hari Senin (23/3) mendatang aktivitas proses belajar mengajar, kegiatan perkantoran pemda dan transportasi keluar masuk kota Mulia, baik via udara dan darat ditutup sementara waktu sampai dengan tanggal 4 April 2020.

“Mulai hari Senin sampai dua minggu kedepan bandara akan ditutup, ibadah pada hari Jumat di mesjid dan ibadah hari Minggu di gereja ditiadakan. Diharapkan melakukan ibadah dirumah masing-masing,” kata bupati, dalam siaran pers yang diterima Seputarpapua.com, Kamis (19/3) malam.

Dikatakan, selama libur dilaksanakan, tim penanggulangan virus corona yang telah terbentuk akan mulai melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kepada siswa di seluruh Kabupaten Puncak Jaya akan di rumahkan mulai tanggal 23 Maret sampai dengan 4 April 2020. Begitu juga seluruh ASN hingga anggota DPRD berlaku sama. Kita akan libur sampai waktu yang di tentukan,” ucapnya.

“Selama status ini diberlakukan saya meminta kepada semua masyarakat untuk tidak melakukan penimbunan sembako, masker, cairan desinfektan, dan kebutuhan lainnya. Jika ditemukan ada yang melakukan penimbunan, maka akan diberikan sanksi tegas kepada yang bersangkutan,” pesannya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar