Puncak Jaya, Kabupaten Pertama di Indonesia yang Berlakukan “Lockdown” Cegah Covid-19

Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda
Bupati Kabupaten Puncak Jaya, Yuni Wonda

Bupati mengungkapkan, penetapan status ‘lockdown’ dilakukan dengan maksud agar masyarakat dari luar tidak masuk ke Puncak Jaya yang dikhawatirkan akan membawa virus corona.

“Kita menerapkan ‘lockdown’ agar sementara waktu tidak ada masyarakat dari luar masuk ke ibukota Mulia. Dan juga dihimbau kepada masyarakat di Puncak Jaya agar tidak panik terkait keputusan ini dan menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah atau berkumpul di tempat-tempat ramai,” terangnya.

Disinggung soal dampak ekonomi yang ditimbulkan atas penetapan status ‘lockdown’ tersebut, bupati menegaskan bahwa ketersediaan pangan serta kebutuhan ekonomi masyarakat dapat bertahan selama dua minggu kedepan.

“Ketersediaan pangan kita masih mencukupi untuk bebrapa minggu kedepan, jika nanti kekurangan maka kita akan suply untuk masyarakat menggunakan pesawat. Itupun hanya makanan atau barang yang kita butuhkan, sementara orang yang datang kita tolak,” jelasnya.

Bupati juga berpesan kepada masyarakatnya untuk tidak melakukan aktivitas yang mengumpulkan massa, dan tetap berdiam di rumah.

“Kepada seluruh kepala kampung dan distrik untuk sementara tidak melakukan acara duka yang menarik banyak orang atau massa. Selain itu saya minta kumbi atau salam untuk sementara ditiadakan dan kepada masyarakat untuk kembali ke kampung dan berkebun,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Perhubungan Udara, Sem Palayukan, mengatakan, dengan adanya keputusan ini maka pihaknya akan bekerjasama dengan UPBU Bandara Mulia akan membuat Notem, dan bersurat kepada seluruh bandara untuk membatalkan penerbangan menuju Mulia, Kabupaten Puncak Jaya.

“Kami bersama UPBU Bandara Mulia dan paskas akan menghubungi otoritas bandara lainnya tentang lockdown dan agen penerbangan lainnya sehingga dapat membuat reschedule penerbangan,” ujarnya.

 

Reporter: Fnd
Editor: Aditra
2 of 2Next

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar