Punya Bandara Memadai, Timika Dinilai Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

Aktifitas penumpang di Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Aktifitas penumpang di Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Kota Timika, ibu kota Kabupaten Mimika saat ini diusulkan menjadi calon ibu kota Provinsi Papua Tengah.

Dari segi infrastruktur, Timika terlihat begitu siap mulai dari kantor-kantor pemerintah, fasilitas umum seperti jalan-jalan utama hingga terminal bandara Mozes Kilangin.

Timika memiliki dua terminal yakni terminal A dan terminal B di Bandara Mozes Kilangin.

Terminal A bandara dibangun oleh Kementerian Perhubungan dengan kapasitas mencapai 4.000 orang.

Selain itu, ada juga terminal B dengan kapasitas yang sama dibangun oleh Pemkab Mimika tepat disamping terminal A.

“Mungkin kalau seandainya Timika ini jadi ibu kota provinsi yah bersyukur karena terminal bandara sudah cukup besar, dengan adanya fasilitas yang lebih dari segi kebandarudaraan atau segi penerbangan,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin, Soekarjo di kantornya, Senin (27/6/2022).

Saat ini terminal berlantai dua dan memiliki tiga unit garbarata itu sudah cukup padat karena aktivitas penerbangan yang semakin ramai.

“Namun mungkin kesibukannya akan bertambah. Karena kalau Mimika jadi ibu kota akan semakin banyak dari kabupaten-kabupaten lain untuk koordinasi ke ibu kota provinsi,” ungkap Soekarjo.

Bandara ini juga lebih mumpuni karena tidak hanya pesawat perintis maupun pesawat ATR yang manasik tetapi juga pesawat Boeing.

Selain itu, penerbangan dari luar Papua juga bisa langsung ke Timika.

“Jadi kalau ada menteri datang ke ibu kota Provinsi ya langsung ke Timika gak transit transit lagi,” ungkapnya.

Meski begitu, Soekarjo mengatakan bahwa di dunia penerbangan tidak melihat Provinsi atau ibu kota Provinsi dimana karena aktivitas penerbangan bersifat general.

“Ibu kota di Timika arau Nabire tetap penerbangan berjalan seperti biasa. Tapi kami sebagai warga juga berharap ibu kota di Timika,” pungkasnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.