Punya Potensi, Mendagri Minta PKK Diberdayakan

Foto bersama Pj Bupati dan Ketua PKK yang baru dilantik. (Foto: Ist)
Foto bersama Pj Bupati dan Ketua PKK yang baru dilantik. (Foto: Ist)

TIMIKA | Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Tri Tito Karnavian melantik sejumlah penjabat Ketua TP PKK di berbagai daerah.

Adapun yang diilantik diantaranya Ketua TP PKK Aceh, serta Pj Ketua TP PKK Kabupaten Sarmi, Kabupaten Mappi, Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga dan Kota Jayapura, Provinsi Papua di Gedung Sasana Bakti Praja kantor pusat Kemendagri, Jakarta, Rabu 13 Juli 2022.

Mendagri, Muhammad Tito Karnavian yang ikut dalam pelantikan itu memberikan amanat kepada para ketua dan penjabat ketua TP PKK masing-masing daerah yang dilantik.

Bahwa PKK merupakan mitra dan jejaring yang penting dalam pelaksanaan program pemerintah.

Mendagri Tito menilai PKK memiliki potensi yang luar biasa sehingga perlu diberdayakan. Selain itu, PKK juga memiliki peran penting dalam berbagai kegiatan untuk mendukung program pemerintah.

Untuk menjalankan itu, maka perlu didukung dengan kepemimpinan PKK yang baik dan bertanggung jawab.

“Makanya kepemimpinannya itu selalu diambil dari pendamping kepala daerah. Kenapa? karena kepala daerah memiliki kekuasaan terbesar di daerah itu antara gubernur, bupati, Walikota. Kekuasaan bapak-bapak ibu-ibu itu besar sekali, punya anggaran APBD bisa membuat peraturan, bisa mengatur semua urusan,” terangnya.

Oleh karena itu, Ketua TP PKK yang menjadi pendamping kepala daerah dan berada di ring satu memiliki power di daerah untuk berkontribusi dalam urusan pembangunan, baik itu pembangunan di sektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur, UMKM dan sektor lainnya.

Menurut Tito, PKK sebetulnya memiliki potensi luar biasa karena satu-satunya organisasi yang masuk ke komunitas terkecil dari suatu negara yaitu keluarga.

“Hal ini sangat bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah salah satunya Penanganan pandemi dan vaksinasi yang telah dilakukan bahkan berkat dukungan PKK Indonesia bisa melakukan vaksinasi dengan kecepatan 2 hingga 3 juta per hari,” katanya.

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.