Puskesmas Keliling Udara di Mimika Tetap Jalan Bekerjasama dengan YPMAK

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mengatakan, program Puskesmas Keliling Udara di Mimika tetap berjalan. Bahan kini pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK)

“Kami untuk pelayanan di wilayah pegunungan kami PKS dengan YPMAK,” kata Reynold di Timika, Rabu (12/10/2022).

Ini dilakukan setelah helikopter yang sebelumnya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan mengalami insiden kecelakaan saat mengangkut pasien dan logistik. Selain itu, pembiayaan penyewaan helikopter juga sudah selesai.

Reynold mengatakan, untuk wilayah pegunungan misalnya Jila, Alama yang hanya bisa diakses dengan menggunakan pesawat perintis maka akan menggunakan pesawat perintis.

“Sementara seperti di Tsinga, Hoeya itu kami PKS dengan YPMAK. Jadi YPMAK nanti akan drop itu,” kata Reynold.

Reynold lebih lanjut menjelaskan, sebelumnya dibuat kerjasama dengan PT Unitrade Persada Nusantara itu dalam satu tahun anggaran dengan volume penerbangan sebanyak 14 kali terbang.

“Kalau kita lihat dari pelayanan kemarin itu rata-rata 1 puskesmas sudah terbang sudah mencapai 3 kali,” katanya.

Karena selain mengangkut tenaga, ada juga pengangkutan logistik puskesmas, bahan makanan dan obat-obatan serta perabotan yang dibawa kesana juga.

“Kontrak yang kemarin itu sudah selesai,” ungkap Reynold.

Saat ini kerja sama yang dilakukan dengan YPMAK ini karena YPMAK punya program kampung sehat.

“Puskesmas keliling udara di wilayah pegunungan mengikuti program kampung sehat dari YPMAK,” tambahnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.